TREN FESYEN 2012




a1Fesyen adalah benda-benda dan atribut yang dipakai manusia untuk mengidentifikasikan dirinya secara khusus maupun dalam kelompok sosialnya sebagai satu kesatuan dirinya dengan pikiran-pikiran atau pernyataan citra diri pribadi ataupun yang sifatnya komunal. Benda-benda tersebut bisa berarti gaya pakaian, rambut, aksesoris, atau apa saja yang dipandang sebagai identitas setiap diri pribadi atau kelompok. Fesyen merupakan bagian terpenting dari gaya hidup, setiap tahunnya selalu mengalami perkembangan seperti halnya tren fesyen di tahun 2012 ini

Setiap tahunnya, tren fesyen selalu didominasi oleh style-style yang berbeda, termasuk dalam gaya rambut dan busana. Menurut informasi yang kami dapat dari berbagai sumber, tema fesyen dunia tahun ini adalah ‘kembali ke alam’. Dari berbagai pusat mode yang ada di dunia seperti Paris, Milan, London, dan New York, dengan kompak menghadirkan nuansa yang sama dalam melahirkan tren busana untuk tahun ini. Beberapa di antaranya adalah potongan, warna, dan gaya yang akan menjadi “tren” dan akan menginspirasikan semua orang dan desainer dunia dalam koleksinya.

Warna-warna alami beserta warna turunannya akan menjadi tren terkini, seperti halnya warna oranye dan pink dengan warna turunannya yang akan menjadi primadona. Motif alam seperti hewan, bunga, dan daun akan dijumpai dalam motif dan karya-karya desainer dunia. Untuk tema potongan, busana wanita dibuat sangat feminin dengan model ruffles di pinggang atau lebih dikenal sebagai peplum. Beberapa rumah mode yang memakai cutting ini, antara lain Rodarte, Thakoon, Celine, dan Givenchy. Dengan teknik bias cut di atas pinggang, peplum menambah khazanah tren 2012.

Memasuki wilayah tren busana pria, pilihan warna yang dianut tetap mengacu ke warna alam, yaitu perpaduan antara oranye, merah, biru, hijau, dan warna kuning mustard. Warna ini dipadukan dengan warna hitam dan abu-abu untuk menambah kesan maskulinnya. Rumah-rumah mode seperti Bottega Venetta, Louis Vuitton, dan Prada memadukan warna-warna kuat tadi dengan sensasi maskulin dari warna abu-abu, camel, dan hitam. Motif alam juga dipakai dalam busana pria, seperti tema print yang diusung oleh Givenchy lewat sang desainer Ricardo Tisci dengan tema bird of paradise flower.

Memasuki pergantian tahun 2012, industri kecantikan juga mulai mengenalkan tren terkini yang akan berlaku sepanjang satu tahun ke depan. Tak terkecuali tren rambut yang bergerak selaras dengan tren fashion dan kecantikan. Untuk tahun ini, penataan rambut diprediksi lebih menunjukkan gaya ekstrem, namun tetap elegan. Potongan rambut pendek akan mendominasi gaya rambut perempuan ke depan. Perempuan masa kini juga cenderung lebih berani mengekspresikan diri dengan tatanan rambut yang ekstrem. Meski begitu, perempuan tetap dapat tampil elegan sesuai pembawaan alaminya.

Tren potongan rambut pendek yang ekstrem ini diaplikasikan dengan teknik sama untuk perempuan dan laki-laki, yang membedakan hanya terletak pada penataan rambut. Teknik guntingan pendek ekstrem bisa diterapkan pada perempuan dan laki-laki. Untuk penataan bagi laki-laki, umumnya rambut di bagian atas diangkat, sementara bagi perempuan, rambut bagian atas ditata dengan poni depan. Selera setiap orang memang berbeda dalam hal apa pun, termasuk dalam hal fesyen. Anda dapat mengubah penampilan sesuai tren yang berlaku tahun ini sesuai selera yang Anda mau.