Tips Makan Sehat dari Negara-Negara Tersehat di Dunia




Makan banyak gandum, sayur dan buah-buahan. Hal semacam ini dilakukan di negara Cina dan Yunani.
Menurut penelitian sebagaimana dilansir sendokgarpu.com tiga porsi atau lebih gandum dan sayuran serta buah setiap hari dapat mengurangi resiko serangan stroke, jantung dan beberapa jenis penyakit kanker.
Nikmati makan anda, hal seperti ini dilakukan di negara Italia, Perancis, Spanyol, Yunani, dan Jepang.
“Ritual” makan di negara-negara tersebut bisa berlangsung selama berjam-jam. Bahkan di Yunani mereka “makan dengan perlahan, dalam waktu yang teratur setiap hari dan dilakukan pada tempat/lokasi yang nyaman,” kata Trichopoulou.
Sementara itu bagi bangsa Perancis, Italia dan Spanyol, makan adalah saat berkumpul dengan keluarga dan teman. Ya, makan bisa mempererat hubungan. Saat makan dengan tenang dan bahagia, maka tubuh akan dapat memproses makanan dengan cepat.
Perhatikan porsi anda, hal semacam ini dilakukan di negara Perancis dan Jepang.
Rata-rata orang Perancis makan 25% lebih sedikit daripada orang Amerika, begitulah hasil dari penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania. Di Jepang lebih teratur lagi, makanan biasa disajikan dalam ukuran kecil-kecil dan dimakan dari mangkuk kecil, bukan piring yang lebar. Masyarakat Okinawa malah mempunyai kebiasaan yang disebut “hara hachi bu,” atau “8 dari 10”. Maksudnya, warga Okinawa akan berhenti makan apabila mereka merasakan perut mereka sudah terisi 80% sebelum benar-benar kenyang.
Konsumsilah berbagai makanan segar, ini dilakukan di negara Italia, Perancis, Yunani, Jepang, dan Indonesia.
Setiap wisatawan asing yang berkunjung ke pasar tradisional atau supermarket di Indonesia pasti akan kagum melihat banyaknya pilihan makanan segar hasil bumi Indonesia. Orang Sunda terkenal akan kesukaan mereka terhadap Lalapan atau makanan mentah lain seperti Karedok. Masyarakat Batak di pesisir Danau Toba juga mengkonsumsi ikan segar tanpa dimasak, sama seperti orang Jepang dengan Sashimi-nya.
Penelitian membuktikan kalau makanan segar menyediakan banyak serat, sedikit kalori, kolesterol baik, dan rendah garam serta gula.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*