Menjaga Kebugaran Tubuh

0

a2Tubuh yang sehat merupakan modal utama, dalam melakukan aktivitas dan rutinitas keseharian kita. Kebugaran tubuh merupakan potensi besar yang harus dimiliki oleh seseorang, agar dapat beraktivitas dengan maksimal, dan mendapatkan pencapaian yang lebih optimal. Tubuh yang bugar memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasakan kelelahan yang berlebihan, memiliki cadangan tenaga untuk mengisi waktu luang, serta kegiatan-kegiatan yang bersifat dadakan. Mungkin kita akan iri, melihat rekan kerja yang memiliki aktivitas yang sama dengan kita, tetapi Dia lebih bugar dan tetap bersemangat, ketika jam kerja hampir selesai.

Kebugaran Tubuh bisa Anda dapatkan dengan cara menjalankan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga, serta tidur yang teratur. Fitnes merupakan salah satu olah tubuh untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, yang sudah menjadi tren dan menjamur di masyarakat. Tidak hanya Fitnes, istilah nge-Gym pun bisa dikatakan telah menjadi pola hidup baru, terlebih bagi para eksekutif muda. Fitness merupakan aktivitas yang mampu membuat orang menjadi lebih bugar, dengan menjalankan tiga komponen utamanya, yaitu olahraga, pemenuhan nutrisi, dan istirahat. Sedangkan istilah nge-Gym muncul karena untuk melakukan fitnes memang tardapat tempat khusus, biasanya di gymnasium, atau pusat olahraga.

Olah tubuh dalam fitnes terbagi menjadi dua jenis latihan yang memiliki kegunaan masing-masing, yaitu latihan beban dan latihan kardio. Latihan beban dapat menggunakan tubuh sendiri sebagai beban, baik secara sebagian maupun beban tubuh secara keseluruhan. Menggunakan pemberat bebas, seperti barbell atau dumbbell, serta menggunakan alat mekanik atau elektronik, yang dihubungkan dengan pemberat. Penggunaan beban sebagai alat bantu untuk meningkatkan kontraksi otot, otot yang menerima beban akan mengalami tekanan hingga mencapai titik kelelahan tertentu, beradaptasi terhadap tekanan, sehingga memunculkan reaksi dengan cara mengembangkan jaringan otot.

Dibutuhkan latihan, nutrisi dan istirahat yang terpola dengan benar, untuk mengembangkan jaringan otot ini, sehingga membuat bentuk tubuh menjadi lebih atletis dan sehat. Latihan Kardio untuk meningkatkan detak jantung tanpa penggunaan beban. Pada umumnya, latihan ini digunakan untuk menurunkan berat badan atau sekadar menjaga kesehatan. Jenis latihan kardio sangat bervariasi, mulai dari jogging, renang, bersepeda hingga aerobic. Selain efek yang baik untuk kesehatan Anda, ternyata fitnes juga mampu menjaga penampilan, dengan pembentukan tubuh yang lebih ideal. Tubuh yang sehat dan ideal adalah dambaan setiap orang, oleh karena itu fitnes banyak diminati.

Fitnes sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, jika rutin dilakukan dapat menjadi gaya hidup yang menyehatkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan olah raga ini. Anda harus memilih tempat yang tepat, bukan berarti dengan tarif yang mahal, tapi lebih pada pertimbangan fasilitas yang lengkap dan memperhatikan unsur-unsur kesehatan. Bagi seorang pemula, hendaknya didampingi oleh instruktur yang berpengalaman dalam dunia fitnes. Instruktur fitnes yang berkompeten, akan memberitahukan mana gerakan yang seharusnya dilakukan, dan sebaliknya, untuk mencapai hasil yang maksimal.

Seiring perkembangan teknologi dan perangkat mobile yang semakin canggih, saat ini juga tersedia beragam aplikasi-aplikasi kebugaran dan kesehatan yang bermanfaat bagi Anda. Fitness Buddy merupakan aplikasi yang memiliki kelebihan layaknya seorang personal trainer dalam dunia fitnes. Fitness Buddy menyajikan gerakan fitness lengkap, dengan gambar dan deskripsi berupa tulisan, agar Anda dapat melakukan setiap gerakan dengan benar. Gerakan fitnes tersebut disajikan berdasarkan otot yang menjadi target pembentukan. Aplikasi ini juga memberikan rangkaian workout yang bisa Anda ikuti sesuai level kebugaran Anda, atau berdasarkan tujuan Anda, seperti mendapatkan perut yang sixpack, lengan berotot, kaki yang kuat dan sebagainya.b