Sint-Niklaas Kota Kelahiran Sinterklaas




Di abad ke-16 ketika Perang Dunia II, saat Belgia menjadi daerah medan perang pasukan sekutu melawan Nazi Jerman, keberadaan jazad tokoh penting itu tidak diketahui lagi.

a1

Saint Claus yang juga populer disebut Sinterklaas, dikenal memiliki berbagai versi sejarah. Ada yang menyebut tokoh ini sekedar khayalan semata, diciptakan untuk memeriahkan suasana Natal. Tetapi banyak juga yang percaya, bahwa sosok yang sering digambarkan bertubuh tambun, berjanggut putih dan ’berseragam’ merah-putih ini, benar-benar pernah ada. Agung Basuki (pemilik TravelHemat.com dan TravelHematShop.com) menceritakan perjalanannya ke kota kelahiran Sinterklaas ini. Banyak versi yang mengisahkan tentang asal usulnya. Ada yang bilang, bahwa tokoh yang dikenal ramah dan suka berbagi hadiah saat malam Natal ini adalah seorang uskup, yang lahir di daerah Anatolia–Turki.

Orang Jerman mengatakan tokoh ini penjelmaan dari dewa Odin yang diakulturasikan dengan budaya masyarakat setempat, saat masa-masa awal masuknya agama Kristen ke Eropa. Sementara orang Belanda percaya bahwa tokoh yang dijuluki ’De Goede Sint’ (Santo yang baik hati) lahir dan tinggal di Kutub Utara bumi. Tidak ada yang tahu dengan pasti tentang kebenaran kisah asal usul Santa Claus. Kali ini Anda akan kami ajak untuk berkunjung ke salah satu kota yang juga mengatakan bahwa Sinterklaas, atau yang oleh masyarakat setempat disebut dengan nama Sint-Niklaas, lahir dan berasal dari sebuah kota kecil seluas 80 km2 yang dinamakan Sint-Niklaas.

Konon kata Sinterklaas diambil dari nama kota yang terletak di provinsi Flemish bagian East Flanders, sebelah utara kerajaan Belgia. Di kota ini memang dapat ditemukan sebuah gereja bernama Saint Nicholas Church (Sint-Niklaas Kerk) yang konon adalah tempat di mana Sint-Niklaas lahir dan dikuburkan saat meninggal. Gereja di pusat kota yang dibangun pada abad ke-12 ini pernah dikabarkan menyimpan jazad Sint-Niklaas di dalamnya. Namun lantaran kerusakan berat yang menimpa bangunan gereja ini, di abad ke-16 ketika Perang Dunia II, saat Belgia menjadi daerah medan perang pasukan sekutu melawan Nazi Jerman, keberadaan jazad tokoh penting itu tidak diketahui lagi.

Di kota Sint-Niklaas yang sekarang telah berkembang sebagai kota modern, ada perayaan spesial untuk menyambut datangnya bulan Desember secara unik. Disamping parade Sint-Niklaas dan Zwarte Piet (Piet Hitam) yang mengelilingi jalanan utama kota, ada juga penyelenggaraan Kerstmarkt atau pasar raya Natal yang menjual berbagai pernak-pernik kebutuhan perayaan Natal untuk masyarakat setempat. Kerstmarkt ini diselenggarakan setiap tahun mulai 5 Desember, tanggal yang dipercaya sebagai hari kelahiran Sint-Niklaas, sampai 23 Desember, di alun-alun kota yang terletak di Markt Square.Selain Saint Nicholas Church, disini juga terdapat gereja-gereja lainnya yang berada di The Church of Our-Lady di Markt Square.

Jika Anda berkunjung di bulan Desember, pastikan untuk tidak melewatkan mampir ke Kerstmarkt, yang digelar berbarengan dengan Winter Festival di Markt Square ini.Bagi para shopping mania, deretan pertokoan yang berada di daerah Markt Square hingga Stationsstraat, menjadi tempat yang menyenangkan untuk berbelanja. Waasland Shopping Centre yang letaknya sedikit di luar kota Sint-Niklaas juga menampung hampir 300 outlet produk fashion terkemuka. Untuk para Movie Lover, Sint-Niklaas juga memiliki Siniscoop, sebuah komplek sinema ultra modern, yang terletak dekat dengan Centraal Station, memiliki 15 theatre dan sanggup menampung 3300 penonton sekaligus.

Bagi mereka para pencinta Gastronomic, wajib hukumnya untuk mencicipi hidangan di beberapa resto, dari sekitar 200-an resto yang tersebar di berbagai pelosok Sint-Niklaas. Rata-rata resto disini dianugerahi 2–3 bintang versi Michelin, yang menunjukkan kualitas dari produk olahan restoran-restoran tersebut sangat tinggi, dan memilik cita rasa yang luar biasa. Namun demikian, jangan heran jika harga yang dipatok pun rata-rata di luar nalar. Sebuah set menu lengkap, makan dan minum untuk 2 orang, mulai dari 2 buah entree – 2 main courses – 1 dessert dan sebotol Premiere French Wine, bisa dijual dengan harga 280 Euro. Meski terhitung bukan pusat turisme populer di Belgia, untuk urusan gastronomic, daya tarik kota ini telah tersebar ke mana-mana.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*