Regulasi Mobil Murah Dan Ramah Lingkungan




d1Tingginya potensi pasar otomotif di Tanah Air menjadikan pabrikan semakin gencar dalam merebut pasar. Terlebih pemerintah terus berupaya menghadirkan mobil murah sebagai program penyediaan mobil masyarakat. Tampaknya, pemerintah bertekad bulat mewujudkan mobil murah di tahun 2012 mendatang. Pemerintah akan mengeluarkan regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car) pada tahun 2012. Saat ini, pemerintah beserta Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) masih membahas insentif terkait infrastruktur serta teknologi yang akan digunakan oleh Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di dalam negeri.

Berdasarkan konsep pengembangan mobil murah Kementerian Perindustrian, pemerintah memberikan waktu pemenuhan kandungan lokal oleh industri otomotif sebesar 80 % yang wajib dipenuhi selama 3 tahun. Kandungan lokal tersebut terdiri dari ratusan komponen yang harus dibuat di dalam negeri, seperti komponen body utama, diantaranya panel samping kiri dan kanan, roof, rear roof beam dan komponen under body line.Selain itu industri otomotif dituntut mengembangkan dan memproduksi mesin kendaraan dengan volume silinder kecil 700-999 cc dan 1.000-1.200 yang hemat konsumsi bahan bakar dan memenuhi spesifikasi emisi gas buang Euro II.d2

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bahkan sempat memprediksi industri pendukung otomotif berbasis suku cadang, peralatan dan jaringan penjualan akan menambah investasi paling sedikit 9 triliun, sebagai dampak kebijakan pemerintah mendorong program mobil murah. Atas kewajiban tersebut, pemerintah memberikan kompensasi kepada industri yang bersedia memenuhi seluruh persyaratan tersebut dengan memberikan pengurangan pajak penjualan barang mewah (PPnBm) dan keringanan bea masuk bagi produk komponen impor yang belum bisa diproduksi didalam negeri.d3

Pemerintah masih memiliki tugas yang besar, meski nantinya produsen-produsen otomotif itu sudah menghasilkan mobil-mobil dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan, persoalan bahan baker masih menjadi ganjalan. Bila sesuai aturan yang ditetapkan di tahun 2013 nanti, rencananya akan ditetapkan aturan bahan bakar dengan batas emisi Euro IV, bahan bakar yang tersedia hingga kini, perlu dibenahi. Semoga pemerintah bisa memberi kepastian lebih lanjut mengenai program mobil murah ini, yang akan segera diaplikasikan beberapa bulan mendatang ditahun 2012 ini.