Pondasi Penting untuk Mengembangkan Perusahaan Anda !

0

Mengapa perusahaan mengalami perkembangan yang stagnan ?
Mengapa team tidak mempunyai motivasi yang kuat untuk melakukan perubahan ?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sering kali diutarakan oleh banyak pengusaha yang saya temui. Mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Mari kita simak cerita berikut ini !
Pada suatu kesempatan saya mendapatkan undangan untuk menjadi pembicara di pulau Bali. Setelah acara berlangsung, saya diajak berkeliling kota Denpasar yang luar biasa indahnya. Pada saat itu, saya melihat ada sesuatu yang tidak biasa saya lihat di kota saya, yaitu banyak kendaraan sepeda motor yang kuncinya dibiarkan tergelantung di sepeda motor.
Saya pun bertanya kepada pihak panitia ? “Pak Budi mengapa sepeda motor di sini kuncinya dibiarkan menempel di sepeda motor ? Apakah tidak takut hilang?” mendengar pertanyaan saya, pak Budi terlihat tersenyum dan ia mengatakan “iya pak, memang kendaraan disini tidak pernah dikunci, karena penduduk disini sangat mempercayai adanya karma. Apabila kita mengambil barang orang lain, kita pun akan mendapatkan karma di kemudian hari. Jadi penduduk disini tidak berani untuk melakukan tindak kejahatan” “ouwbegitu” angguk saya memahami pernyataan bapak Budi.
Hal tersebut Nampak juga di negara tetangga kita, negara Singapore. Singapore adalah sebuah Negara yang sangat menjaga kebersihan. Apabila ada penduduk datang, maka ia pun akan mengikuti menjaga kebersihannya, karena apabila ia tidak melakukan, ia akan mendapatkan denda.
Dari cerita diatas, kita mengetahui adanya suatu budaya. Budaya di suatu daerah akan diikuti oleh masyarakatnya. Begitu pula yang adadi perusahaan. Perusahaan yang tidak dapat mengaplikasikan nilai-nilai budaya yang baik, sudah tentu orang-orang yang di dalam perusahaan akan mengikuti pola yang tidak baik pula.
Seperti yang diungkapkan oleh rekan saya, seorang temannya yang disiplin baik dalam bekerja maupun ibadah, namun ketika ia masuk ke dalam sebuah instansi yang dimana tidak memiliki budaya yang baik, maka teman tersebut mulai terbawa arus.“Ikut training disini cuman untuk formalitas aja pak, semangat 45 ! Maksudnya semangatnya cuman sampai 4-5 hari ! setelah itu ya biasa lagi. Harus bagaimana lagi, semua rekan-rekan kerja saya begitu, saya pun juga begitu.” Ujarnya.
Seringkali dalam mengembangkan perusahaan, kita merekrut orang-orang berlatar belakang pendidikan yang baik, dan berharap orang tersebut nantinya dapat memberikan pembaruan bagi perusahaan, namun apabila perusahaan tidak memiliki budaya positif yang kuat, dengan berjalannya waktu, orang baru tersebut tidak menjadi baru lagi, potensi yang ia miliki tidak berkembang optimal, ia menjadi seperti orang yang lama karena mengikuti budaya yang lama.Jadi, untuk mengembangkan perusahaan anda menuju ke level yang lebih tinggi, mempunyai team yang mempunyai motivasi yang kuat, mulailah dengan membangun budaya yang positif terlebih dahulu !
Semoga bermanfaat.
Salam improvement!
Dapatkan FREE konsultasi atau FREE Training mengenai strategi-strategi efektif meningkatkan omzet dan mengatasi pemborosan di perusahaan anda dengan hubungi 081-234-888-296 atau 031-71-433-996
By: Reza Rifanto M.Psi.,Psikolog
(Consultant, book writer)
www.WhitenvyBusinessImprovement.com