Menggunakan Dan Merawat Air Conditioner

0

b1Air Conditioner (AC) yang tidak dirawat akan cepat rusak serta menimbulkan polusi udara dan menjadi tempat penyebaran virus, oleh karena itu rawatlah AC Anda secara rutin. Bila bepergian atau ruangan tidak digunakan, jangan lupa untuk mematikan AC. Bila udara tidak terlalu panas, usahakan untuk mematikan sekitar satu atau dua jam dalam sehari. Ketika AC sudah dimatikan, buka lebar-lebar jendela dan pintu agar terjadi pertukaran udara.
Periksalah komponen saringan (filter) udara pada AC, minimal sebulan sekali. Penyaring udara yang kotor akan menghambat proses sirkulasi udara dan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri maupun jamur. Minimalkan potensi gangguan kesehatan dengan seselektif mungkin menggunakan AC, sebab bila di ruangan yang sama terdapat anggota keluarga yang sakit, virus dan kumannya dapat terbantu penyebarannya melalui AC.
Pastikan kondensor yang terletak di luar rumah bersih dari debu, semak belukar dan dedaunan. Bila ingin membersihkan, matikan dulu AC dan bersihkan debu yang menempel dengan menggunakan vacum cleaner. Agar lebih aman, rawatlah AC dengan memanggil teknisi pembersih AC yang dipercaya, minimal enam bulan sekali. Perawatan ini tak hanya demi kesehatan keluarga, tapi juga untuk memastikan AC berumur panjang dan hemat listrik.