Promosi Ibarat Vitamin Bagi Pengusaha




IPRoy“Hal ini sangat diperlukan karena Awareness yang sudah terbentuk di masyarakat jangan sampai hilang karena beralih ke produk baru yang sejenis. Ini merupakan suatu unsur yang sangat penting bagi semua pengusaha, mulai dari perusahaan besar sampai pengusaha kecil.”

Salam Pembaca!
Bisakah kita hidup tanpa Vitamin? Pertanyaan ini yang mungkin anda pikirkan setelah membaca judul ini. Setiap manusia didunia pasti membutuhkan yang namanya Vitamin, tanpa vitamin mungkin pertumbuhannya juga akan terganggu atau mungkin tidak berumur panjang. Ini juga saya ibaratkan sebagai pengusaha, setiap pengusaha pasti butuh yang namanya unsur promosi karena ini yang sangat berfungsi sebagai katalisator untuk mempercepat pertumbuhan suatu usaha.IPBegin
Saya mengambil contoh sebuah perusahaan terkenal yang sampai kapan pun terus melakukan promosi: TELKOM misalnya.  Mengapa TELKOM Indonesia sampai saat ini juga masih melakukan promosi-promosi?
Apakah perusahaan tersebut belum atau tidak dikenal oleh masyarakat?
Saya yakin sudah pasti semua orang juga mengenal TELKOM. Perusahaan yang sudah Eksis didunia telekomunikasi di Indonesia pun tetap melakukan promo. Mengapa?
Seiring dengan perkembangan jaman ini sekarang banyak pendatang baru di bidang telekomunikasi (swasta) yang membuka perusahaan sejenis. Perusahaan swasta ini juga gencar sekali melakukan promo-promo sehingga ini dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan promonya. Jika TELKOM tidak melakukannya, maka sedikit atau banyak customernya pasti akan berpindah ke perusahaan swasta tersebut. Oleh karena itu sekelas TELKOM pun juga masih harus melakukan promosi sehingga customer yang Loyal ke TELKOM masih tetap nyaman dengan fasilitas-fasilitas  yang ada.
Hal ini merupakan ilustrasi bahwa perusahaan yang sudah terkenal pun harus tetap melakukan promosi entah apapun bentuknya. Hal ini sangat diperlukan karena Awareness yang sudah terbentuk di masyarakat jangan sampai hilang karena beralih ke produk baru yang sejenis. Ini merupakan suatu unsur yang sangat penting bagi semua pengusaha, mulai dari perusahaan besar sampai pengusaha kecil.
IKLAN POS berupaya menyajikan konsep media promosi masa depan seperti televisi. Kita tinggal menyiapkan pesawat televisi dan antenna untuk menangkap siaran televisi tersebut. Lantas dari manakah stasiun televisi tersebut dapat hidup? Sudah pasti dari pengiklan yang mensupport acara di saluran televisi tersebut.
Begitu juga IKLAN POS, kami berusaha menjadi partner bisnis anda mulai dari menyiapkan konsep promosi, desain, cetak sampai dengan penyampaiannya ke puluhan ribu calon customer potensial kami. IKLAN POS merupakan media FREE yang didistribusikan langsung ke masyarakat Potensial dengan Segmen A+ sampai segmen B.

IPconcept
Kami menganggap bahwa market kami sangat potensi karena daya BUYING POWER mereka tinggi.Sehingga apapun promo anda, jika itu menarik ataupun sifatnya menguntungkan pembaca maka response akan berjalan dengan cepat.

Tips-tips  agar PROMO mendatangkan response :

Tentukan Target Market usaha anda.
Setiap perusahaan pasti mempunyai target marketnya masing masing, apakah itu semua kalangan atau segmen tertentu. Tentukan segmen yang cocok dengan usaha anda, jika itu bukan bersifat massal, alokasikan promosi anda ke media yang sesuai dengan target market anda supaya bisa lebih menghemat budget promosi. Karena masing-masing promosi pasti ada anggaran biayanya. Semakin besar segmen yang anda butuhkan, semakin besar juga biayanya.IPMass

Layout yang di display harus menarik pembaca.
Gunakan Layout yang simple dan mengena pada perusahaan anda, jangan terkesan terlalu dipaksakan banyak gambar apabila ukuran yang anda gunakan kecil. Walaupun kecil jangan berputus asa karena jika anda bisa melakukan sesuatu yang “eye Catching” maka promosi anda pasti juga akan memberi kesan yang berbeda.
Contoh:

IPTips02

Gambar yang ditampilkan harus sesuai IMAGE dan SEGMEN perusahaan.
Saya ambil contoh jika perusahaan anda bergerak di bidang pendidikan. Jika target anda anak-anak expatriate, maka gunakan juga foto anak expatriate yang segmennya sama dengan target market usaha tersebut. Jangan mengambil foto anak-anak yang domestic. Hal ini juga akan sangat mempengaruhi para orang tua yang membaca promosi anda.
Contoh:

IPTips03

Besar kecilnya Size iklan anda menentukan IMAGE perusahaan.
Saya mengambil contoh iklan di billboard, banyak sekali Billboard di daerah perkotaan sekarang ini juga ada banyak variasi ukurannya. Ada yang sangat besar sekali yang disebut GIANT BOARD.
Kenapa hal ini dapat terjadi? Hal ini terjadi karena semakin besar ukurannya maka masyarakat juga menganggap bahwa perusahaan tersebut bonafit karena semakin mahalnya biaya yang perusahaan keluarkan. Maka saya harapkan tentukan Posisi level perusahaan dalam suatu ukuran yang sebanding dengan IMAGE PERUSAHAAN anda.
Contoh:

IPTips04

Bahasa dan Gambar iklan harus MENYENGAT PEMBACA, SINGKAT dan JELAS.
Dalam pemilihan kata-kata untuk promosi kita harus jeli. Misalkan:
Iklan Sebuah toko computer:   “ Jual berbagai macam Laptop Second” Hal ini sangat standard untuk menarik response pembaca. Lebih baik kata-katanya diganti seperti: Laptop Second hanya Rp.999.000,-“ Disini saya yakin response pembaca akan lebih banyak karena hal ini menjawab keingin tahuan pembaca, bahwa membeli Laptop second terbukti ekonomis. IPTips05
Begitu pula dari semua segmen bisnis entah apapun bentuknya, kita haruslah jeli dalam pemilihan kata-kata agar promo kita mendatangkan banyak response.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*