Pilihan Lensa Praktis Buat Liburan

0

bSaat membeli kamera DSLR di kelas midle atau entry, biasanya kita akan mendapatkan lensa bawaan paket atau yang biasa disebut dengan lensa kit. Lensa kit yang paling banyak didapatkan yaitu lensa 18-55mm f/3.5-5.6. Hampir di setiap merk, baik itu Canon, Nikon, atau Sony, lensa ini dipaketkan ke standar kit. Secara penggunaan sehari-hari, lensa kit 18-55 sebetulnya sudah cukup kalau hanya digunakan untuk dokumentasi. Rentang angka 18 dan 55 itu namanya focal length, yang menunjukkan seberapa lebar atau panjang jangkauannya.

Gampangnya, semakin kecil angka focal lenght, semakin lebar frame foto yang bisa diambil. Sebaliknya, semakin besar angkanya, maka jangkauan foto yang bisa diambil juga semakin jauh atau panjang. Jadi, angka 18-55 untuk lensa kit tersebut adalah angka menengah. Kalau Anda suka motret pemandangan harus punya lensa yang ‘lebar’ semisal 10-22. Sebaliknya kalau Anda suka motret candid burung misalnya, ada harus punya lensa tele semisal 70-200 atau lebih. Begitu gambarannya.

Kalau ditanya praktis dan bagus, sebetulnya ada satu lensa yang bisa saya sarankan yaitu lensa yang biasa disebut dengan lensa ‘sapu jagad’. Kenapa disebut begitu ? Karena lensa ini mengandung focal lenght yang allround yaitu 18-200. Jadi dengan membeli satu lensa ini, hampir semua kebutuhan focal lenght sudah tercover. Dari medium wide sampai telezoom. Bahasa gampangnya lebar dapat tele-pun dapat. Dengan membawa lensa ini kita relatif tidak memerlukan lensa lain lagi kalau sifat kebutuhannya hanya dokumentasi biasa tanpa mengejar kebutuhan-kebutuhan kualitas khusus.

Praktis dan bagus tentu saja berkorelasi dengan harganya. Meskipun bukan tergolong lensa yang prime, lensa ini harganya lumayan juga. Silahkan cek harganya di toko langganan Anda. Atau kalau mau sedikit hemat tapi tetap praktis meski sedikit repot. Mungkin lensa kit tetap dipakai dengan menambahkan satu lensa lagi yaitu lensa 55-250. Lensa ini tidak mahal, tapi kualitasnya lumayan bagus. Jadi kita punya dua lensa yaitu lensa 18-55 dan 55-250. Cukup nyambung dan bisa memenuhi segala kebutuhan kita meski harus sedikit repot.
(Dipersembahkan Oleh Sentra Digital)