Porsche 911 GT3 RS 4.0




1-1

Produsen mobil asal Jerman, Porsche AG, akan meluncurkan varian baru di jajaran mobil sport Porsche 911 GT3, yaitu Porsche 911 GT3 RS 4.0 di bulan Juli mendatang. Mobil varian baru ini menggunakan bahan yang ringan sehingga irit bahan bakar, mobil ini hanya memiliki bobot 1,36 ton. Hal itu berkat penggunaan serat karbon untuk jok, kap mesin, dan pelindung. Karpet lantai juga menggunakan bahan super ringan.

Keunggulan rancangan mobil ini dilengkapi dengan revisi di sektor mesin. Setang seker dan piston dibuat menggunakan bahan titanium yang berbobot ringan namun sangat kuat. Mesin 4.000 cc enam silinder yang diusungnya mampu menghasilkan tenaga hingga 500 daya kuda pada 8.250 rpm dan torsi 460 Newton meter pada 5.750 rpm.

Tenaga dari mesin itu disalurkan ke roda melalui peranti transmisi manual enam tingkat percepatan. Mesin tersebut merupakan mesin natural aspirated (tanpa turbo atau twin turbo) yang bertenaga besar.

Karena terinspirasi dari mobil balap maka komponen-komponen ringan diaplikasi di berbagai sektor. Jok bucket, bonnet dan sayap depan terbuat dari carbon fiber, jendela-jendela belakang dari plastik, sedangkan karpet pun terbuat dari material tertentu. Sports car 2-seater ini berbobot 1.360 kg dengan power-to-weight ratio 368 hp/ton.

Seperti halnya mobil balap, 911 GT3 RS 4.0 berkarakter track ban lebar, pengendaraan rendah, dan sayap besar di buritan dengan pelat-pelat di sampingnya. Sementara, dua baling-baling di samping depan bersama sayap belakang memberi tambahan gaya gravitasi sehingga membawa mobil mendapat keseimbangan aerodinamika.

Pada kecepatan puncak, down force yang disuplai kedua fitur mencapai 190 kg. Hasil pengujian di sirkuit Nürburgring membuktikan mobil ini membukukan waktu 7:27 menit. Adapun akselerasi dari kecepatan 0-100 kilometer per jam dicapai dalam tempo 3,9 detik. Rencananya, Porsche membanderolnya 128.466 poundsterling atau sekitar Rp 1,84 miliar (kurs 1 poundsterling = Rp 14.307), mobil ini hanya akan diproduksi sebanyak 600 unit.

1-2




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*