Sumbangsih Pemikiran Yang Bermanfaat

0

aMemberikan sesuatu yang bermanfaat pada orang lain, dimana orang yang diberi itu nantinya juga akan memberikannya sesuatu yang bermanfaat pada orang lain.

Tamu kita dalam episode People Profile kali ini, adalah seorang Trainer dan Konsultan dari Whitenvy Business Improvement (WBI). Dialah Reza Rifanto M.Psi, yang juga merupakan penulis buku 3 Menit Membuat Anak Keranjingan Belajar, Psychology In Action, dan Sub Concius In Action. Whitenvy Business Improvement (WBI) merupakan sebuah lembaga konsultan yang tugasnya membantu mengembangkan perusahaan-perusahaan, dengan memberikan sistem training yang mudah dicerna oleh semua kalangan dari atas sampai bawah. Training-training itu akan mengena pada permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, sehingga nantinya menghasilkan sebuah solusi yang bisa di aplikasikan.

Ketertarikannya dalam bidang ini berkat bimbingan gurunya, padahal setelah lulus kuliah sarjana psikologi ini awalnya tidak tahu harus kemana. Reza akhirnya melanjutkan kuliahnya lagi, dan berpikir dengan kemampuan yang Dia miliki bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Saat pemikiran ini belum ada, Reza jujur bahwa Dia dahulu selalu memikirkan dirinya sendiri. Ketika profesi yang ditekuninya ini mulai berjalan, awalnya Reza fokus ke individu-individu yang ingin melakukan perbaikan dan pengembangan diri. Saat ini fokusnya lebih kepada perusahaan-perusahaan yang ingin berkembang, karena Dia yakin kalau fokus terhadap individu dampaknya tidak terlalu signifikan, tapi kalau perusahaan akan lebih luas.

Selain psikologi Reza juga menekuni bidang manajemen, saat ditanya apa masalah terbesar yang dihadapi oleh pebisnis saat ini, Dia menjawab bahwa banyak pebisnis yang ingin bisnisnya cepat besar. Pebisnis hanya berpikir bagaimana bisnisnya cepat besar, ingin omsetnya cepat meningkat dengan keuntungan yang besar, tapi melupakan proses-prosesnya ke arah itu. Motto hidupnya memberikan sesuatu yang bermanfaat pada orang lain, dimana orang yang diberi itu nantinya juga akan memberikannya sesuatu yang bermanfaat pada orang lain. Hal ini juga sejalan dengan hobinya, Reza selalu memiliki rasa ingin tahu, setelah Dia mendapatkan apa yang ingin diketahui kemudian ditulisnya dan dibagikannya kepada orang lain agar bermanfaat.

Sukses berbisnis baginya adalah menjalankan bisnis ini sesuai dengan hati nurani, berbagi dan mengembangkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. ‘Untuk saya pribadi, setelah waktunya selesai saya ingin meninggalkan sesuatu buat siapa pun juga, paling tidak sebuah pemikiran yang ada manfaatnya’, tegas Reza. Bagi pembaca Tabloid Iklan Pos Reza berpesan, untuk membangun sebuah usaha kita harus benar-benar tulus mengetahui apa sebenarnya tujuan perusahaan itu berdiri, karena kalau kita tidak tahu kita hanya akan terjebak pada tujuan jangka pendek yang hanya mencari keuntungan saja. Perusahaan yang berkembang dia tahu visi misi kedepannya mau seperti apa, sehingga nantinya akan memberikan manfaat bagi orang banyak.