Planktoon Lokal Yang Mendunia

0

aKebanyakan orang selama ini menjual produk saja, tidak memikirkan brandingnya. Karena branding sebenarnya inti dari perusahaan.

Kemampuan berbisnis yang dimiliki pengusaha-pengusaha muda saat ini, merupakan kekuatan baru bagi perekonomian Negeri kita. Banyak pebisnis muda yang menapaki jenjang berbisnisnya kearah sukses membawa nama baik Indonesia di mata Dunia. Adalah Yoda Aji Mahendra, Owner dan sekaligus Creative Branding Planktoon, merupakan salah satunya. Planktoon saat ini merupakan brand dari fingerboard lokal yang sudah mulai dikenal di beberapa negara di dunia. Fingerboard merupakan skateboard jari yang memiliki bentuk dan kualitas bahan sama seperti skateboard besar pada umumnya, dengan skala yang lebih kecil. Memainkannya dengan jari tangan dengan teknik-teknik yang sama dengan teknik memainkan Skateboard umumnya.

Distributor produknya ini sudah ada di Spanyol, Italia, Malaysia, serta Peru dan Portugal yang akan segera menyusul. Awal ketika bisnis ini dimulai tahun 2009, Yoda tidak memproduksi sendiri produknya, Dia hanya menjadi reseller dari produk orang lain. Sejak tahun 2010, barulah Planktoon memproduksi fingerboardnya sendiri. Untuk pasar dalam negeri, permintaan paling banyak saat ini datang dari kota Jakarta, Makassar, dan Balikpapan. Untuk menguatkan strategi brandingnya, Mahasiswa Semester 7 DKV Stikom Surabaya ini, mengendorse beberapa fingerboard rider lokal dan asing. Membuat event-event khusus serta kegiatan sosial yang masih berhubungan dengan produk dan komunitas-komunitas fingerboard yang ada.

Tak hanya membuat produk saja, Planktoon juga membuat video-video yang berisi trik bermain fingerboard yang bisa dilihat dan bermanfaat bagi para penghobinya, hal ini juga merupakan bagian aktivitas brandingnya. Motto hidupnya terus belajar selagi masih muda, ketika punya ide kreatif serta kemampuan yang masih belum terbatasi hendaklah terus dikembangkan. Berbisnis itu harus mau menerima kenyataan, tapi harus tetap percaya diri, jangan pernah menyerah. Prosesnya dijalani saja, karena setiap masalah nanti pasti akan ada solusinya, kalau kita berhenti disana, yang kita dapat hanyalah itu saja. Kita harus tetap berusaha, memiliki inovasi untuk terus lebih baik, keringat kita tidak mungkin membohongi, kita akan mendapat timbal baliknya.

Di usianya yang masih 22 tahun, Yoda berharap Planktoon jadi kebanggaan Indonesia, menjadi produk lokal yang dikenal di berbagai negar-negara di dunia. Untuk pengusaha-pengusaha muda seusianya Dia berharap mereka agar selalu memikirkan krunya, membangun pondasi yang baik, agar usahanya semakin berkembang tidak hanya sekedar membuat produk. ‘Kebanyakan orang selama ini menjual produk saja, tidak memikirkan brandingnya. Karena branding sebenarnya inti dari perusahaan’, tegas Yoda sambil tersenyum. Jika Anda tertarik untuk mengenal Planktoon lebih dekat, Anda bisa mengunjungi website resminya, www.planktoonfingerboard.com. Semoga kedepan usahanya ini menapak sukses yang diinginkan, memotivasi pebisnis lainnya.