Meningkatkan Kepribadian Mengembangkan Bisnis

0

a1_1Dalam dunia bisnis, pebisnis harus bisa mengontrol emosinya, apalagi jika berhubungan langsung dengan customer.

Dalam episode people profile kali ini, Anda akan kami ajak berkenalan dengan Ang Denny Wijaya, seorang praktisi NLP (Neuro Linguistic Program). NLP merupakan pemahaman tentang bagaimana individu dapat melakukan seluruh aktivitasnya secara sempurna, dengan mempelajari model human excellence. NLP mengidentifikasi dan menentukan proses dan pola pikir dari setiap top performance untuk menemukan perbedaan antara kompetensi dan kesempurnaan. Neuro Linguistic Program merupakan suatu metodologi yang ditemukan dan dikembangkan oleh John Grinder bersama Richard Bandler, di California, USA pada tahun 1970-an.

Sarjana ekonomi ini, suka membaca buku-buku tentang pengembangan diri, dan sejak tahun 2007 mulai tertarik untuk mempelajari Neuro Linguistic Program. Awal ketertarikannya dimulai saat Denny mengikuti training NLP waktu kuliah di semester akhir. Denny saat itu kaget dengan metode-metode yang Dia pelajari, karena NLP dapat mengobati masalah seperti pobia, depresi, gangguan kebiasaan, penyakit psikosomatik, gangguan belajar, dan lain sebagainya. Setelah itu Denny mulai serius menekuni bidang ini, mempelajari dan mengembangkan kemampuannya sebagai seorang praktisi Neuro Linguistic Program, dengan menimba ilmu dari pakar-pakar NLP di Amerika.

Selain sebagai praktisi Neuro Linguistic Program, Dia juga seorang Grapholog, Trainer Jalan Diatas Api, Hypnotherapist, dan Entrepreneur. Menurut Denny, ilmu NLP ini sangat baik sekali jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, pebisnis harus bisa mengontrol emosinya, apalagi jika berhubungan langsung dengan customer. Motto hidupnya terus belajar dan mengaplikasikannya dalam kehidupan. Dia mencontohkan banyak sekali pebisnis yang dahulu berhasil tetapi saat ini hilang ditelan bumi, karena mereka tidak mau belajar mengikuti perkembangan yang ada, sehingga dikalahkan oleh kompetitor yang masih muda dan sukses.

‘Sukses itu adalah tahu apa yang mau dilakukan dan berkembang, sukses bukan apa yang kita capai, tapi menjadi siapa kita ketika mencapainya. Kita harus tahu mau menjadi seperti apa kita, karena sukses yang sebenarnya saat kita mendevelop diri kita, meningkatkan kualitas diri kita sehingga berguna bagi diri sendiri dan orang lain’, tegas Denny. Saat ini NLP masuk ke dunia coaching, yang merupakan industri baru di Indonesia. Di Indonesia sudah mulai banyak trainer NLP, tapi belum mencukupi permintaan yang ada. Denny berharap, kedepan NLP lebih memasyarakat, banyak orang yang mengerti dan terbantu dengan NLP.