MENGELOLA BISNIS DENGAN KAIZEN

0

Asri Motor merupakan Authorized Toyota Dealer yang namanya sudah banyak dikenal oleh para pemilik mobil-mobil Toyota, Asri Motor saat a1ini memiliki 2 cabang yang terletak di Sidoarjo dan Surabaya. Dibalik kesuksesan Asri Motor merintis usaha yang dimulai sejak tahun 1984, kini usaha ini dibawah kendali Segaryanto Tejo, Direktur Asri Motor, yang dipercaya untuk melanjutkan usaha orang tuanya. Pria yang akrab dipanggil Segar ini, sejak kecil sudah ditanamkan jiwa entrepreneur oleh orang tuanya. Saat duduk dibangku SD, Segar kecil sudah diajarkan serta ditantang oleh orang tuanya untuk menjual suatu barang seperti mobil mainan, dengan cara menjual nilai dari produk tersebut, pada teman-teman sekolahnya.

Pasca kerusuhan Mei 1998, Sarjana Ekonomi jurusan International Business Manajemen ini menghabiskan masa-masa SD hingga SMA di Singapura. Setelah lulus SMA Segar kembali ke Indonesia dan melanjutkan kuliahnya di salah satu perguruan tunggi yang ada di kota pahlawan. Semenjak kuliah Segar sudah mulai belajar berbisnis, salah satu usahanya yang bertahan sampai sekarang adalah bisnis anti karat ‘Rust Evader’. Setelah lulus kuliah, Segar diberi tugas untuk mengelola bengkel mobil, kurang lebih selama satu setengah tahun. Dari sinilah Dia mulai belajar menjadi marketing dan kepala cabang. Setelah pengalamannya matang, kemudian ditarik orang tuanya untuk bergabung dalam Toyota Asri Motor Grup.

Saat ini Segar membawahi lebih dari seratus orang karyawan, inovasi yang selalu dilakukannya adalah memperbaiki pelayanan. Di Toyota sendiri ada yang namanya Kaizen, filosofi dari negeri sakura yang artinya Perbaikan Berkesinambungan. ‘Dari istilah Kaizen ini kami berperinsip, bahwa usaha yang kita dijalankan harus fokus pada upaya-upaya perbaikan yang terus menerus, mulai dari manajemen tingkat atas sampai pada karyawan level bawah’ tegas pria yang hobi bermain sepak bola ini. Menurutnya kunci seseorang yang ingin sukses harus punya kemauan terlebih dahulu, realistis pintar menghitung peluang profit, harus tau plus dan minusnya dari usaha yang akan dan sedang dijalankan, karena kalau tidak bisa gagal di awal usahanya.

Sukses menurutnya, selain memiliki materi yang berkecukupan, yang utama adalah bisa membahagiakan diri sendiri dan keluarga, keluarga baginya adalah segalanya. Dia bersyukur karena memiliki orang tua yang selalu mendukung, berbagi pengalaman dan membantu cara berpikirnya. Di usianya yang masih 26 tahun, Segar berharap, kedepan Asri Motor lebih banyak masyarakat yang mengenalnya dengan standart pelayanan yang tinggi, seperti pelayanan yang diberikan oleh hotel bintang lima, serta menguasai semua segmen pasar dari sisi sales dan after salesnya. Dia berpikir bagaimana memberikan value added pada produknya, serta menyempurnakan produk-produknya secara terus menerus.