Keyakinan Kunci Sukses Berbisnis

0

a1‘Kalau kita mau berbisnis kita harus yakin terhadap bisnis yang akan kita jalankan, karena itu aqidah, dan setiap langkah bisnis kita itu harus melibatkan Allah’ – Didiek Agus Harijanto –

Ide kreatif merupakan bahan utama untuk membuat sebuah produk diterima pasar, dan menjadikan bisnis terus melambung. Hal inilah yang membuat Raff Clothing terus berkembang, dan diterima oleh pasar. Raff Clothing merupakan kaos muslim keluarga, mulai dari anak-anak hingga usia dewasa. Ide awal hadirnya Raff Colthing ini saat ownernya Didiek Agus Harijanto, resign dari perusahaan dimana Dia bekerja di tahun 2009, dan berpikir untuk membuka usaha sendiri yang bisa memberikan kebebasan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan beribadah. Akhirnya Didiek memilih Kaos Islami sebagai produknya dan Raff Clothing sebagai brand produknya.

Nama Raff sendiri diambil dari nama depan anaknya yang bernama Raffli. Konsep kaosnya adalah kaos islami, yang mengedukasi anak-anak sedini mungkin agar tahu tentang Islam. Seiring perjalanannya tidak hanya kaos anak yang diproduksi, tetapi juga kaos dewasa karena permintaan pasar yang banyak. Saat ini Raff Clothing memiliki 60 distributor, yang tersebar diseluruh kota-kota yang ada di Indonesia. Dengan modal yang pas-pasan, saat itu didik memulai usahanya ini dengan hanya bermodalkan 2 lusin kaos. Karena keyakinan dan kegigihannya untuk menjalankan bisnis ini, jumlah produksi kaosnya terus meningkat sampai kewalahan memenuhi permintaan.

Didiek adalah Sarjana Pertanian, sejak dibangku kuliah Dia ingin cepat lulus dan bekerja di perusahaan swasta dengan gaji yang besar. Setelah lulus, pria kelahiran Pasuruan tahun 1969 ini bekerja 6 tahun di restoran siap saji dan 9 tahun di perusahaan pembuat fashion brand ternama, sebelum memutuskan untuk membuka usaha sendiri. Awalnya strategi marketing Raff Clothing menggunakan cara door to door, beriklan, dan mengikuti pameran, tapi saat ini cukup menggunakan media sosial seperti twitter, facebook, dan website, karena dianggap lebih dahsyat. Menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri permintaan kaos produksinya meningkat.

Menurut Didiek, kalau kita mau berbisnis kita harus yakin terhadap bisnis yang akan kita jalankan karena itu aqidah, dan setiap langkah bisnis kita itu harus melibatkan Allah. Didiek berharap, kedepan usahanya ini terus berkembang menjadi market leader di Indonesia bahkan regional asia, karena di Malaysia sudah ada distributor. Raff Clothing memiliki komunitas Raff Kids Club yang tujuannya mengenalkan Taklim sejak dini pada anak, serta Raff Parent Community yang memberikan pengetahuan parenting untuk orang tua. ‘Menurut saya sukses itu bebas bisa berkumpul dengan keluarga, sedangkan yang kedua saya bebas beribadah’, tegas Didiek.