Kegelisahan Lahirkan Ide Bisnis

0

Steven Lee Njatawidjaja

Kegelisahan Lahirkan Ide Bisnis

Keinginan memiliki taman yang asri di rumah barunya ternyata menjadi awal perjalanan bisnis Steven Lee Njatawidjaja. Pria yang akrab disapa Steven ini sempat kebingungan mencari tukang taman yang sesuai. Setelah berhasil memiliki taman, Steven kerap dibuat bingung dengan pemeliharaan taman tersebut, hingga akhirnya dia mencari alternatif agar bisa memiliki taman yang cantik tanpa dibuat bingung dengan perawatan.

“Dari situ saya mulai tahu keberadaan rumput sintetis,” kata Steven kepada Iklan Pos. Intuisi bisnisnya pun muncul. Steven mulai berkenalan dengan bisnis rumput sintetis, karena menurutnya peluang dalam bisnis tersebut terbuka lebar. Surabaya misalnya, saat ini banyak muncul apartemen yang memiliki lahan terbatas. “Karena lahannya terbatas, mereka pasti butuh hijau-hijau, akhirnya pakai rumput sintetis ini,” tambahnya.

Tidak hanya pemilik apartemen, bisnis ini juga dilirik event organizer dan desain interior untuk mempercantik tata ruang mereka. Artinya, peluang Steven untuk mengembangkan pasar makin terbuka. Seiring dengan meningkatnya permintaan, jumlah pesaing pun bertambah.

Diakui, dengan adanya pesaing, dia justru terpacu untuk lebih kreatif dan menciptakan strategi khusus dalam pemasaran. Sejauh ini dia banyak terbantu dengan mengikuti berbagai pameran. Dari pameran tersebut, dia bisa bertemu dengan calon pembeli sekaligus meng-edukasi masyarakat tentang manfaat rumput sintetis.

Ke depan, dia berencana memperluas pasar. Tidak hanya di Pulau Jawa, tapi juga di Bali dan Jakarta. Salah satu strategi yang dipakai, diantaranya memberikan layanan purna jual. Menurutnya, pelanggan saat ini sudah mulai jeli. Mereka lebih suka memilih produk yang murah, berkualitas dan memiliki layanan purna jual. Kepuasan pelanggan inilah yang menjadi modal utamanya dalam mengembangkan bisnis. Jika pelanggan puas, mereka akan merekomendasikan ke kerabat yang lain. (noe)