Carilah Usaha Yang Dicintai

0

a‘Berwira usaha itu sebenarnya bukan hanya mencari uang, tapi mencari kesenangan yang dapat menghasikan uang, jadi carilah suatu usaha yang dicintai’ (Devi Meisita, Owner Suoklat)

Memulai sebuah bisnis memang gampang-gampang susah, banyak dari mereka yang tidak memiliki pengalaman berbisnis, tapi ketika memulai usahanya mereka bisa sukses dalam menjalankan bisnisnya. Hal inilah yang dilakukan dan dialami oleh Devi Meisita, Owner Suoklat, yang sukses mengembangkan usahanya dari produk coklat yang dikhususkan untuk buah tangan hingga memiliki sebuah kafe yang selalu ramai dengan pengunjung. Suoklat merupakan sebuah brand yang memiliki produk-produk berbahan dasar coklat, yang berupa makanan dan minuman dengan berbagai varian yang dikembangkan sejak tahun 2010. Usaha ini dirintis oleh Devi dengan semangat dan ketekunan, sehingga bertahan sampai saat ini.

Nama Suoklat sendiri dipilihnya karena kata ini lebih identik dengan kata coklat dalam bahasa Suroboyoan. Menurut Devi rata-rata orang Surabaya menyebut coklat dengan kata soklat, dan sering menambahkan sisipan huruf U di dalamnya untuk sesuatu yang berlebih, sehingga Suoklat sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki arti Coklat Banget. Ide mendirikan usaha ini dimulai sejak dia berkeinginan untuk membuka usaha sendiri, dan memilih terjun dalam bisnis kuliner. Awalnya pemilihan produknya lebih kepada makanan basah, tapi setelah dipikir memiliki resiko yang lebih tinggi karena makanan basah cepat basi, akhirnya Devi mencari berbagai informasi usaha kuliner yang cocok bagi dirinya hingga dilihlah coklat sebagai produk utamanya.

Masa-masa sulit dirasakannya saat awal menjalankan usaha ini, berbekal kemampuan seadanya dalam kemampuan untuk membuat produk yang berbahan dasar coklat, Devi memberanikan diri untuk menjual produknya. Meski ilmu yang Dia miliki saat itu masih terlalu sedikit, seiring berjalannya waktu menjalankan bisnis Devi terus belajar. Mengikuti sekolah coklat, belajar manajeman dan pemasaran, membuat berbagai varian produk yang menarik minat pelanggannya, hingga membuat kemasan yang unik, Dia lakukan untuk mengembangkan bisnisnya. Produknya banyak dijumpai di toko oleh-oleh yang ada di Surabaya, saat ini Suoklat juga telah memiliki kafe yang berlokasi di daerah Gubeng Kertajaya yang selalu ramai oleh pengunjung.

‘Berwira usaha itu sebenarnya bukan hanya mencari uang, tapi mencari kesenangan yang dapat menghasikan uang, jadi carilah suatu usaha yang dicintai’, tegas Devi. Kata-kata itulah yang menjadi motto hidupnya, bahwa sebuah profesi atau usaha haruslah dilandasi oleh kesukaan atau kesenangan. Devi berpesan untuk para pebisnis agar tetap konsisten dan tekun dalam menjalankan usahanya. Di usianya yang masih 27 tahun, kedepan Dia berharap bisa membuat sebuah tempat yang merupakan pusat coklat, mulai produksi, store, kafe, hingga informasi pengetahuan tentang seputar coklat berada dalam satu tempat. Devi juga berharap, nantinya Suoklat memiliki banyak cabang di berbagai kota-kota yang ada di Indonesia.