Berbisnis Harus Tahu Ilmunya

0

a1Untuk sukses berbisnis kita harus tahu ilmunya, termasuk ilmu menggali kreativitas, karena kreativitas tanpa batas dan bisa terus dimunculkan.

Dalam episode people profile kali ini, Anda akan kami ajak berkenalan dengan penulis buku Sukses Itu Wajib, yang juga merupakan seorang Entrepreneur dan Public Relations Director, Swastika Prima, Entrepreneur College. Dialah Christine Wu yang juga istri dari founder Swastika Prima, merupakan lembaga pelatihan kerja dan kewirausahaan, yang mempunyai beberapa program studi dan program kewirausahaan. Sejak di bangku sekolah dan kuliah, Sarjana Antropologi lulusan Universitas Airlangga, Fakultas Ilmu Sosial Politik ini, memang suka berbisnis. Christine sangat mencintai Dunia Jualan, baginya Marketing Is My Life, bisnis tidak hanya sekedar berjualan tapi disana ada nilai manfaatnya.

Ada ilmu bisnis yang harus dipelajari seseorang dalam berbisnis, jadi bukan hanya asal action saja. Awalnya Dia tidak tahu kalau berbisnis itu ada ilmunya, sampai akhirnya Christine bertemu dengan suaminya. Untuk sukses berbisnis kita harus tahu ilmunya, termasuk ilmu menggali kreativitas, karena kreativitas tanpa batas dan bisa terus dimunculkan. Suaminya adalah guru yang utama bagi Dia, beliau mengajarkan bahwa untuk sukses itu harus menggunakan kekuatan pikiran. Motto hidupnya, hidup itu selalu penuh dengan keceriaan, kita harus pantang menyerah dalam hidup, karena sukses itu adalah hak kita. Oleh karena itu buku yang pernah ditulisnya mengambil judul Sukses Itu Wajib, karena wajib maka sukses itu harus diraih.

Christine belajar ilmu Public Relations secara otodidak, dari awalnya tidak tahu hingga menjadi seorang yang piawai dalam dunia PR. Menurut Christine bisnis harus memberi manfaat, karena saat memberi manfaat keuntungan itu adalah bonus. Keuntungannya pasti besar, nah peran Public Relations untuk branding tidak hanya membuat itu indah, tapi indah sampai ke dasarnya sampai orang merasakan manfaatnya, justru itu yang akan bermakna dari ilmu Public Relations. ‘Karena disini kami banyak sekali melaksanakan strategi-strategi PR, termasuk berhubungan dengan media, masyarakat, pemerintah, termasuk dengan semua lini, hal inilah yang membuat Swastika Prima terkenal, bahkan sampai ke mancanegara’ tegas Christine.

Sebagai seorang entrepreneur, banyak sekali bisnis yang Dia dijalankan, seperti bisnis garmen, kuliner, dan lain sebagainya. Wanita yang mempunyai hobi travelling dan membaca ini, juga sering menjadi pembicara bagi perusahaan-perusahaan, untuk Entrepreneurship, Personality Development, Public Relations, Marketing, sales, Customer Servis juga Motivasi. Kedepan Christine berharap Swastika Prima harus Go Internasional, melahirkan satu juta pengusaha di Indonesia, termasuk mengajak banyak orang untuk berwirausaha. Swastika Prima terpilih sebagai lembaga pendidikan terbaik tingkat Jawa Timur, yang akan mewakili Jawa Timur di ajang Nasional, dan itu akan dihadiri oleh seluruh lembaga pendidikan di tingkat Asean.