Berbagi Pengalaman Dalam Nganimasi

0

a3Industri Animasi sebenarnya bukan hanya sekedar membuat gambar animasi saja, tapi banyak elemen-elemen lain yang bisa menjadi produk turunannya.

Industri Kreatif di negeri ini terus berkembang seiring perkembangan arus teknologi dan informasi, begitu juga dengan Industri Animasinya. Menjadikan hobi sebagai profesi merupakan suatu hal yang menyenangkan, apalagi hobi itu bisa ditularkan dan mengedukasi mereka yang juga memiliki hobi yang sama. Itulah yang saat ini dilakukan Bambang Gunawan Santoso, atau yang lebih dikenal dengan nama Bambi atau Mas Be. Penulis buku Nganimasi ini, mencoba berbagi dan menularkan pengalaman dan pengetahuannya dalam dunia animasi. Buku Nganimasi berisi pengetahuan dasar tentang animasi, hingga sejarah serta dedengkot animator Indonesia. Bagi mereka yang ingin belajar dan mendalami animasi, buku Nganimasi sangat bermanfaat.

Pria asal tegal ini berkecimpung dalam dunia animasi sejak tahun 1998, Mas Be adalah lulusan Interior Designer dari Fakultas Seni Rupa dan Disain, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Sejak tahun 2002, menjadi pengajar freelance animasi 2D dan manual drawing di International Design School (IDS), Hellomotion, serta dosen animasi DKV Binus University. Kegiatannya mengisi berbagai seminar dan worksop tentang animasi di dalam dan luar negeri. Menjadi juri animasi di beberapa event, seperti LKS Nasional dan Regional, Hellofest, INAICTA, INDIGO Award dan sekolah-sekolah animasi. Bergabung dengan CAM Solutions (CAMS), setelah mendapatkan beasiswa belajar industri animasi di Korea Selatan pada tahun 2008.

a2Menurut Mas Be, prospek Industri Animasi dari dulu hingga sekarang memang sangat bagus, tapi tergantung pada kebijakan pemerintah juga. Banyak animator kita yang lari atau lebih suka bekerja di luar negeri, kenapa itu tidak ditarik kembali ke Indonesia dan mengembangkan Industri Animasi di negeri ini. Industri Animasi sebenarnya bukan hanya sekedar membuat gambar animasi saja, tapi banyak elemen-elemen lain yang bisa menjadi produk turunannya. Pengalamannya selama berada di korea mengajarkan Dia banyak hal, salah satu diantaranya bagaimana Industri Kreatif disana bisa begitu maju dan berkembang pesat. Saat ini apa yang berbau korea digandrungi di banyak negara, hal ini terjadi karena pemerintah disana sangat berperan penting.
Untuk sukses menjalankan hobi menjadi sebuah profesi dalam bisnis, harus melakukan riset terlebih dahulu, karena membuat karya dalam sebuah produk apapun, harus jelas target pasar yang akan dituju, karena tidak semua orang akan menyukai karya kita. Setelah pasar yang dibidik sudah bisa dikuasai, untuk membidik pasar lainnya akan lebih mudah. Orang Indonesia tidak diajarkan untuk kreatif, kalau kepepet mereka baru kreatif, oleh karena sejak awal kita harus mengasah kreativitas yang kita punya. Kedepan Dia akan menulis buku kedua dan ketiganya, yang juga diharapkan bisa bermanfaat. ‘Apa yang saya tahu saya akan bagi, agar mereka juga bisa maju dan mendunia, entah bentuknya apa itu urusan nanti’, tegas Mas Be.