Kebanggaan Indonesia di Mata Internasional

Kebanggaan Indonesia di Mata Internasional

5

komodoMenjadi warga negara dan bangsa Indonesia adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Betapa tidak, Indonesia merdeka karena perjuangan keras para pahlawan khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya dalam menghadapi penjajah.
Sebagai negara yang besar, Indonesia memiliki beragam kebudayaan dan kesenian yang cukup popular di mata Internasional, salah satunya adalah batik. Batik Indonesia telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia (World Heritage) oleh United Nation Educational Scientific And Cultural Organization (UNESCO) pada tanggal 2 Oktober 2009.
Indonesia juga memiliki begitu banyak tempat wisata yang terkenal di seluruh penjuru dunia, salah satunya adalah Pulau Komodo. Bahkan Pulau Komodo masuk nominasi kategori Forest, national Parks dan nature reserves dalam New 7 Wonders. Untuk itu, marilah kita dukung agar Pulau Komodo bisa menjadi satu diantara 7 keajaiban dunia.

ind-1Sebuah kebanggaan lagi berbangsa Indonesia dalam bidang pendidikan di tingkat internasional. Para pelajar Indonesia mampu mengharumkan nama Indonesia dengan menyabet medali emas dalam berbagai olimpiade internasional. Pada tanggal 10-18 Juli 2010, tim Indonesia meraih prestasi di ajang International Biology Olympiad (IBO) ke-21 yang berlangsung di Changwon, Korea Selatan. Indonesia berhasil membawa dua emas dan dua perunggu. Pada tanggal 15-27 Juli 2010, Tim Olimpiade Kimia Indonesia juga menorehkan prestasi di ajang International Chemistry Olympiade (IChO) atau Olmpiade Kimia Internasional di Tokyo, Jepang. Indonesia meraih satu medali emas, satu perak, dan dua perunggu.
Kemudian berselang itu, lima siswa Indonesia yang dikirim ke ajang Olimpiade Fisika Internasional Ke-41 di Zagreb, Kroasia dan menyumbangkan empat medali emas dan satu medali perak untuk Indonesia. Bendera Indonesia berkibar setelah para pelajar Indonesia meraih satu medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu di ajang Kompetisi Matematika Internasional (International Mathematics Competition) 2010 di Incheon, Korea Selatan, 25-29 Juli 2010. Para pelajar Indonesia itu, antara lain, adalah Peter Tirtowijoyo Young, kelas VIII SMPK Petra 1 Surabaya, medali emas; Christa Lorenzia Soesanto, kelas VIII SMP Tirta Mertha BPK Penabur Jakarta, medali perak; dan Gusnadi Wiyoga, kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta, medali perunggu.
Kabar baik Juga datang dari sejumlah perguruan tinggi. Sejumlah lembaga pemeringkat universitas dunia menempatkan beberapa perguruan tinggi Indonesia dalam ranking 500 terbaik Universitas dunia. Mingguan US News, yang membuat pemeringkatan QS World University Ranking, misalnya, awal tahun ini menyebut Universitas Indonesia menempati peringkat ke-201 dunia, mengungguli Universitas lowa, Amerika Serikat.
Universitas Gadjah Mada berada di atas Universitas George Washington dan Universitat Hamburg. Untuk kategori teknik di wilayah Asia dan Timur Tengah, menurut US News, Institut Teknologi Bandung masuk urutan ke-11, mengungguli Nanyang Technological University, Singapura, yang berada di posisi ke-27 dan Universitas Tokyo di posisi ke 18 Saatnya menuju pentas dunia
Satu lagi prestasi anak bangsa yang membanggakan di pentas dunia. Rinda Salmun, seorang desainer muda berbakat Indonesia meraih peringkat 5 besar kompetisi desainer yang diselenggarakan oleh sebuah gallery bergengsi Austria, Ringstrassen Galerien. Sejak tahun 2004, kompetisi mode di Ringstrassen Galerien menjadi salah satu kiblat kompetisi fashion di Austria yang diikuti peserta dari seluruh dunia, dan masih banyak lagi prestasi-prestasi dibidang lain.
Dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 65 tahun ini, marilah kita isi dengan hal-hal yang positif dan terus meningkatkan prestasi yang bisa mengibarkan bendera Merah Putih di segala moment internasional.ind2

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply

Current ye@r *