Pangeran Kopi Lokal Indonesia




(Berpartisipasi Penuh Atau Tidak Sama Sekali)

a2Bagi Anda pecinta dan penikmat kopi, pastilah sudah tidak asing dengan nama kafe ‘Coffee Toffee’. Coffee Toffee adalah jaringan kedai kopi nasional, dengan konsep utama ‘Local Coffee Shop’, yang mengutamakan kopi-kopi Indonesia. Dengan konsep waralaba yang ditawarkan, Coffee Toffee kini sudah memiliki ratusan gerai, serta merambah keberbagai daerah diseluruh nusantara, meski usianya masih 5 tahun. Dialah Odi Anindito, Founder sekaligus Managing Director Coffee Toffee, nahkoda dibalik kesuksesan Coffee Toffee, menjadi raksasa waralaba kopi lokal di Indonesia.

Semenjak kuliah di jurusan Teknik Informatika ITS, Odi memang suka berbisnis, bisnis tambak, kayu, IT dan Multimedia, pernah dijalaninya. Ketertarikannya pada kopi, diawali saat Odi melanjutkan kuliahnya di Melbourne Australia. Dengan bekal uang saku yang paspasan, disana Odi bekerja paruh waktu di salah satu Coffee Shop. Dari 30 kopi dunia yang ada disana, separuhnya berasal dari Indonesia. Disinilah Odi mulai tertarik, untuk mengembangkan dan menjadikan kopi lokal tuan rumah di negeri sendiri, serta mengedukasi masyarakat akan segala kebaikan kopi lokal.

Usahanya ini dimulai ahir tahun 2006, dengan tempat usaha yang masih berupa gerobak, karena keterbatasan modal. Ditahun 2007 usahanya mengalami kelesuan, sampai ahirnya di ahir tahun Dia memindahkan usahanya ke Jakarta, konsep gerobak dirubah ke Coffee Shop dan ahirnya mulai diterima disana. Seiring berjalannya waktu, aroma dan citarasa Coffee Toffee mulai menyebar keseluruh Nusantara. Motto hidupnya adalah ‘Berpartisipasi Penuh Atau Tidak Sama Sekali’, apabila kita mengerjakan sesuatu, kerjakanlah seratus persen, apabila tidak bisa, mending tidak usah sama sekali, curahkan hati, pikiran dan tenaga sepenuhnya untuk usaha yang kita jalankan, tegas pria yang hobi menonton ini.

Dari kepiawaian berbisnis dan kecintaannya terhadap kopi, di usianya yang masih 32 tahun, banyak penghargaan yang sudah diraihnya. Mulai dari penghargaan Inovatif Bisnis sampai pada Number One Top Of Coffee Shop di dunia franchise, sudah diraihnya. Penghargaan dan pencapaian yang membanggakan, saat didaulat dan dipercaya sebagai juri Indonesia Barista Championship, yang merupakan event nasional dan internasional, ujarnya dengan bangga. Dia tidak menyangka ketika tahun 2006 berjualan kopi dipinggir jalan, kemudian di tahun 2011 menjadi juri semua Coffee Shop di Indonesia, termasuk dari brand-brand luar, seperti Starbucks, Coffee Bean, Excelso dan lain sebagainya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*