Mobil Masa Depan Dikendalikan Tanpa Sopir

0

Sebagai pecinta film Hollywood, Anda pasti pernah dibuat terkesima dengan teknologi mobil yang digunakan si pemeran utama. Misal dalam film serial Batman. Digambarkan dengan jelas bagaimana kekuatan dan kemegahan Batmobile yang siap mengantar si pemilik ke tempat yang dituju. Bahkan hanya dengan mendengar perintah dari si pemilik, maka mobil akan berjalan dengan sendirinya.
Begitu juga dengan film Sleeper arahan sutrada Woody Allen. Digambarkan bahwa si tokoh utama mencuri mobil yang terlihat seperti gelembung, dengan jendela yang buram, dan tidak ada roda kemudi. Ia hanya mengatakan saja kemana arah tujuannya tanpa harus menyetir. Tahukah Anda, film yang sangat fenomenal ini ternyata dibuat pada tahun 1973. Artinya, fantasi orang terhadap mobil tanpa kemudi sebenarnya sudah ada sejak dulu.
Kini, di era teknologi yang makin canggih, keinginan untuk mewujudkan mobil pintar tanpa pengemudi ini akan menjadi kenyataan. Salah satunya adalah mobil yang diproduksi Mercedes-Benz F 015. Mobil ini dirancang mirip konsep film Sleeper tadi. Tanpa kaca yang jelas, menggunakan voice command untuk arah jalan, dan penumpang bisa memutar bangku kendaraan dan mengubahnya menjadi ruang tamu dadakan. Mobil ini diperkirakan akan menjadi mobil imajinasi untuk 5 atau 10 tahun mendatang.
Tidak hanya itu, Ford Motor Company kabarnya sudah melakukan pembicaraan intensif dengan Google untuk membuat mobil otonom alias mobil yang bisa melaju tanpa sopir, namanya Ford Fusion Hybrid. Kesepakatan ini nantinya akan membuahkan sebuah perusahaan terbaru yang terpisah dari Ford.
Sementara itu, Google sebelumnya pernah berencana mengubah divisi mobil otonom miliknya menjadi perusahaan sendiri. Jika kolaborasi dengan Ford terjadi, maka pabrikan ini akan menyediakan perangkat lunak maupun keras yang berhubungan dengan teknologi mobil otonom. Saat ini, kedua perusahaan raksasa tersebut sedang melakukan pengujian.
Kendala yang menjadi tantangan bagi produsen mobil adalah :
– Kebutuhan untuk memangkas polutan yang menyebabkan efek rumah kaca semakin besar
– Kebutuhan akan bahan bakar makin besar
– Pemecahan masalah lalu lintas di kota yang semakin buruk. Situasi ini akan makin buruk jika banyak masyarakat dunia yang pindah ke kota-kota besar