History of Enzo Ferrari

0

ferrariFerrari. Mendengar kata ini pasti pikiran kita akan tertuju pada sebuah mobil sport bergengsi asal Italia. Enzo Ferrari (lahir 18 Februari 1898 – wafat 14 Agustus 1988) merupakan seorang pendiri tim balap Scuderia Ferrari dan kemudian menjadi bagian dari produk mobil Ferrari. Lahir di Modena, Italia.
Sejak kecil Enzo hobi dengan sesuatu yang berhubungan dengan listrik. Namun pada saat remaja, ia sempat meminta izin pada ayahnya untuk ikut kelas sore pelajaran mesin. Awalnya ia tidak mendapat izin dari ayahnya namun akhirnya diizinkan. Setelah lulus sekolah mesin, ia sempat bekerja di beberapa pabrik mobil.
Ayahnya, Alfredo meninggal pada tahun 1916 karena terserang wabah flu yang menyebar luas di Italia pada waktu itu. Ferrari pun juga terserang flu sehingga ia dibebaskan dari pekerjaannya. Mengetahui keuangan keluarganya dalam keadaan terancam, Ferrari mencoba mencari pekerjaan di Fiat (sebuah perusahaan mobil di Italia) namun gagal. Kemudian ia bekerja di perusahaan mobil yang lebih kecil bernama CMN Ia juga menjadi pembalap pada tahun 1919 di tim CMN, namun tidak begitu sukses.
mesinferrariTahun 1920 ia meninggalkan CMN dan menjadi pembalap di tim Alfa Romeo (sebuah perusahaan mobil di Italia) dan terbilang sukses. Tahun 1923, ia mengikuti balap mobil di Ravenna dan mendapatkan penghargaan berupa badge The Prancing Horse (kuda jingkrak). Pada tahun 1924, Ferrari memenangkan Coppa Acerbo (sebuah ajang balap mobil) di Pescara, Italia. Ia mengalami sukses di balap lokal dan mendorong Alfa untuk memberikan kesempatan mengikuti balap yang lebih bergengsi. Ferrari tidak mengambil kesempatan itu dan tidak membalap sampai tahun 1927. Ia lanjut bekerja secara langsung untuk Alfa Romeo sampai 1929 sebelum membuat scuderia Ferrari sebagai tim balap untuk Alfa.
Ia membangun perusahaannya dengan membuat beberapa mobil sport yang menggunakan namanya dan diberi lambang kuda jingkrak. Lambang kuda jingkrak terinspirasi dari sebuah lukisan yang menghiasi badan sebuah pesawat tempur yang diterbangkan oleh Francesco Baracca dalam Perang Dunia I.
Enzo Ferrari meninggal pada 14 Agustus, 1988 di Modena saat usia 90 tahun. Kematiannya tidak dipublikasikan sampai dua hari kemudian oleh permintaan Enzo. Setelah kematian Ferrari, tim Scuderia Ferrari semakin sukses, khususnya dengan Michael Schumacher, Felipe Massa dan Kimi Räikkönen.