Oli Mana yang Tepat Bagi Kendaraan Anda?

Dalam berkendara ada hal penting yang harus kita perhatikan dalam memilih jenis pelumas untuk mesin kendaraan anda. Berikut beberapa faktor yang harus anda perhatikan dalam memilih pelumas:
Standar SAE (Society of Automotive Engineers)
Tingkat kekentalan oli yang juga disebut “VISKOSITY-GRADE” adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu menjadi prioritas terpenting dalam memilih Oli. Kode pengenal Oli adalah berupa huruf SAE. Angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut.
Standar API (American Petroleum Institute)
Kecocokan pemakaian oli ditunjukkan oleh kode API dengan diikuti oleh tingkatan huruf dibelakangnya. API SL, kode S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua menunjukkan apakah oli tersebut sesuai dengan tahun pembuatan. Jadi belum tentu spesifikasi pelumas terbaru cocok untuk kendaraan anda, karena hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi mesin kendaraan anda.Hal 02 - Otomotif2
Indeks Viskositas (VI= Viscosity Index)
Adalah suatu ukuran dari perubahan kekentalan terhadap temperatur. Viskositas pelumas akan turun jika temperatur naik dan  sebaliknya. Index Viskositas yang tinggi biasanya dianggap sebagai patokan mutu.
TBN (Total Base Number)
TBN adalah unsur penting yang harus dimiliki oli. Fungsinya untuk menetralisir kadar sulfur di dalam bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran engine pada waktu mesin beroperasi dan akibat oksidasi temperatur tinggi. Semakin besar angka TBN masa pakai pelumas juga semakin lama, untuk kondisi di Indonesia. Besar TBN untuk pelumas berbahan bakar bensin adalah 6-10 mgKOH/g. Besar TBN sangat bervariasi, hal ini ditentukan oleh produsen sebagai diversifikasi kwalitas pelumas yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *