Menikmati Wisata Kuliner Sumenep




Untuk episode Leisure dalam negeri kali ini, kami akan mengajak Anda menikmati wisata kuliner yang ada di Kabupaten Sumenep. Kuliner Sumenep memang tidak beda jauh dengan kuliner-kuliner yang ada di Jawa Timur pada umumnya. a1Yang membedakannya adalah sentuhan dan citarasa Madura yang khas karena dari empat kabupaten yang ada di Pulau Garam ini juga memiliki citarasa yang berbeda dalam kulinernya. Mulai dari makanan, minuman tradisional, kudapan, dan lain sebagainya yang akan membuat Anda penikmat wisata kuliner tertarik untuk mencobanya.

Sumenep merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Garam. Jarak antara Surabaya dengan Sumenep kurang lebih 180 Km. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 2.100 Km2. Secara geografis wilayahnya terdiri dari daratan dan kepulauan. Banyak pula ratusan pulau-pulau besar dan kecil yang berpenghuni dengan ragam bahasa dan budaya yang berbeda. Dengan masyarakatnya yang heterogen, akulturasi budaya Jawa, China, Arab, dan Eropa juga memengaruhi aneka dan citarasa kuliner yang ada di kabupaten ini sampai sekarang.

Secara umum Madura terkenal dengan sate dan sotonya. Kuliner-kuliner ini juga sangat akrab dengan menu masakan masyarakat Sumenep. Soto di Sumenep sendiri beraneka ragam, tidak seperti soto Madura yang kita kenal di Surabaya pada umumnya. Mulai soto ayam, soto daging, soto babat, soto santan (campor), serta soto pohong. Selain soto ayam, soto di Sumenep ini umumnya menggunakan bumbu kacang yang dicampur dengan petis Madura sebagai pelengkapnya. Warung soto ini banyak dijumpai di wilayah Sumenep kota. Tidak hanya soto, umumnya warung-warung ini juga menjual rujak cingur khas Sumenep dengan bumbu kacang dan keripik.

Selain soto, disini juga ada sate dengan bahaa2n dasar daging ayam, kambing, dan sapi, dilengkapi dengan gule kambing yang memiliki citarasa khas Madura. Warung-warung sate dan gule yang terkenal berada di Kecamatan Bluto, sekitar 5 Km dari pusat kota Sumenep. Ada makanan khas Sumenep yang tidak ada di daerah lain, namanya adalah cake. Cake adalah tumisan ayam yang dicampur dengan lidah sapi lalu dibubuhi sedikit sayuran, seperti bunga kol dan wortel yang diiris sangat kecil. Tumisan ini kemudian disajikan dengan taburan keripik kentang.

Kaldu kikil adalah masakan khas Sumenep yang banyak penggemarnya. Merupakan sup kacang hijau yang kental dengan potongan kikil. Bentuknya kental seperti bubur sumsum, tetapi warnanya gelap karena terbuat dari kacang hijau yang dimasak hingga betul-betul hancur. Kaldu kikil ini biasanya juga disajikan dengan potongan lontong serta kroket pohong yang dikukus kemudian digoreng. Bagi Anda yang sering berkunjung ke Kampung Arab, kawasan Ampel Surabaya, sekilas masakan ini mirip dengan gulai kacang hijau yang disajikan dengan roti maryam di daerah itu.a3

Selain makanan khas, Sumenep juga mempunyai minuman tradisional yang citarasanya mantap dan baik untuk kesehatan. Namanya adalah pokak. Pokak merupakan minuman yang terbuat dari gula merah, serai, jahe, kayu manis, dan cengkih serta merica. Sekilas minuman ini mirip seperti bajigur. Rengginang Madura pun sudah terkenal di mana-mana, Kecamatan Prenduan adalah pusatnya. Di sini terdapat rengginang dengan berbagai rasa yang menjadi primadona adalah rengginang lorjuk. Bagi Anda yang suka berwisata kuliner, Sumenep bisa dijadikan tempat berikutnya yang bisa Anda kunjungi.