Menikmati Pesona Kabupaten Lumajang (2)




a1 (3)Pohon-pohon bambu yang berada dikanan kiri sepanjang jalan, terlihat seperti terowongan bambu raksasa, yang akan membawa Anda menikmati petualangan seru selama berada didalamnya.

Setelah episode dalam negeri kemarin Anda kami ajak menikmati pesona Gunung Semeru, serta beberapa pantai yang ada di Kabupaten Lumajang, kali ini kami masih akan suguhkan pesona wisata lainnya dari Kabupaten Lumajang, yaitu Hutan Bambu, Gua Tetes dan Selokambang, yang tak kalah menariknya. Selokambang merupakan pemandian alam, yang teretak di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersoko, sekitar 7 Km arah barat dari kota Lumajang. Jalan menuju Selokambang cukup mulus, dan dapat dilalui oleh berbagai kendaraan. Pemandian alam Selokambang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, jika pengunjung mandi di tempat ini.

Air pemandiannya dingin dan menyegarkan, terdapat 1 kolam pemandian anak-anak disebelah timur dan 1 kolam pemandian dewasa disebelah barat, sedangkan disebelah selatan terdapat sebuah danau yang indah. Selain mandi atau berenang, Selokambang juga menawarkan beberapa permainan, seperti permainan anak, fying fox, perahu dayung, perahu kayuh, serta lapangan tenis. Disekitar pemandian juga terdapat warung-warung gazebo, yang menawarkan beraneka ragam kuiner tradisional. Selokambang merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Lumajang, yang banyak menarik minat pengunjung.

Selain gunung dan pantai, ternyata Lumajang juga memiliki goa yang cukup unik. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Goa Tetes, mungkin karena tetesan air dari atas goa ini yang tak pernah berhenti di beberapa area goa. Goa tetes berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, sekitar 50 Km arah selatan dari kota Lumajang, sebelum perbatasan antara Malang dan Lumajang. Meskipun letaknya jauh dari pusat kota Lumajang, pengunjung tidak akan terlalu jenuh, karena akan disuguhi pemandangan yang indah, disepanjang perjalanan menuju goa tetes. Sesampai disana Anda akan melihat goa, yang mengalirkan air diantara batuan barisan bukit-bukit yang menghijau.

Untuk bisa menikmati pesona dan keindahan yang eksotis dari gua ini, Anda harus memasuki mulut goa dan berjalan beberapa kilometer di dalamnya. Meskipun perjalanan memasuki gua ini cukup menantang dan melelahkan, rasa letih Anda akan segera terbayar dengan keindahan dan pesona yang luar biasa dari Gua Tetes ini. Mata Anda akan terperangah melihat banyaknya stalagtit dan stalagmit yang begitu elok dilihat dalam goa ini. Stalagtit dan Stalagtit berwarna-warni yang masih baru terbentuk maupun yang sudah berusia ratusan tahun. Dalam gua ini juga terdapat kolam, yang terbentuk dari banyaknya tetesan air yang mengalir.

Hutan Bambu Lumajang ini mungkin adalah satu dari beberapa hutan bambu yang masih tersisa di Indonesia, dan masih terjaga kelestariannya. Lokasinya berada di lereng gunung Semeru, tepatnya di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, sekitar 30 Km arah barat kota Lumajang. Hutan bambu dengan luas kurang lebih 10 hektar ini, dikelilingi oleh desa-desa disekitarnya dan memiliki pesona yang mengagumkan bagisiapa saja yang mengunjunginya. Didalamnya juga terdapat beraneka satwa yang unik, seperti kera-kera yang sudah jinak, tupai, kelelawar, burung dan lain sebagainya, yang menambah keasrian dan kelestarian sebuah hutan.

Hutan Bambu Sumbermujur tidak terkesan angker seperti hutan-hutan lainnya, berada dalam hutan ini terasa sengat sejuk sekali, dibawah rerimbunan daun bambu yang menaunginya. Pohon-pohon bambu yang berada dikanan kiri sepanjang jalan, terlihat seperti terowongan bambu raksasa, yang akan membawa Anda menikmati petualangan seru selama berada didalamnya. Sinar matahari yang menerobos masuk disela-sela batang dan daun bambu, membuat suatu pemandangan unik yang membuat pengunjung terpesona. Kurang afdhal rasanya berwisata ke Lumajang, jika tidak berkunjung ke hutan bambu ini.a2




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*