Menikmati Pesona Kabupaten Lumajang (1)




a1Setelah melewati jalur pendakian yang sudah ditetapkan sejauh kurang lebih 8 Km, Anda kembali disuguhi pemandangan indah nan eksotis dari danau Ranu Kumbolo.

Dalam episode leisure dalam negeri kali ini, kami akan mengajak Anda untuk menikmati pesona alam gunung Semeru dan pantai-pantai indah, yang ada di Kabupaten Lumajang. Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang berada di kawasan tapal kuda, propinsi Jawa Timur. Di bagian barat laut, yakni di perbatasan dengan Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo, terdapat rangkaian pegunungan Bromo, Tengger, dan Semeru. Sedangkan dibagian timur merupakan dataran rendah, yang memiliki banyak pantai dengan panorama yang indah. Jarak antara Surabaya-Lumajang sekitar 150 Km, kurang lebih 4 jam jarak tempuh kendaraan bermotor.

Secara Administratif gunung Semeru terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa, puncak gunung ini dikenal dengan sebutan Mahameru. Kawasan Gunung Semeru saat ini sudah termasuk dalam kawasan taman nasional Bromo Tengger Semeru. Selain Bromo, Semeru juga menjadi salah satu andalan tujuan wisata di Jawa Timur, karena disekitarnya memiliki objek-objek wisata dengan pesona yang luar biasa. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang mengunjungi Semeru setiap harinya, bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Semeru, tempat ini layak di agendakan.

Bagi Anda yang suka mendaki, butuh waktu 4 hari (pulang- pergi) untuk menuju puncak gunung tertinggi di pulau Jawa ini. Dari pusat kota Lumajang, butuh waktu sekitar 20 menit untuk tiba di desa Senduro yang berada di kaki Semeru, setelah melewati hutan yang lebat perjalanan dilanjutkan menuju desa Ranu Pani. Disinilah letak pos pendakian berada, dan Anda diwajibkan untuk membuat surat ijin pendakian, sesudah itu Anda bisa leluasa menikmati pesona Semeru. Di desa ini terdapat dua danau yang sangat indah, yaitu danau Ranu Pani dan Ranu Regulo, jika Anda ingin bermalam atau sekedar beristirahat bisa juga di pos ini.

a2Setelah melewati jalur pendakian yang sudah ditetapkan sejauh kurang lebih 8 Km, Anda kembali disuguhi pemandangan indah nan eksotis dari danau Ranu Kumbolo. Disini biasanya banyak wisatawan yang mendirikan tenda, untuk beristirahat dan menikmati pemandangan indah yang ada di sekitar danau dan juga sunrise. Rute selanjutnya menuju kali mati, kali mati adalah pada rumput luas yang ada di tepi hutan cemara, setelah itu perjalanan akan tiba di Arcopodo. Dari Arcopodo ini butuh waktu 3 sampai 4 jam untuk menuju puncak Mahameru, pendakian sebaiknya dilakukan waktu dini hari, karena saat siang angin berhembus ke utara membawa gas beracun.

Lumajang tak hanya memiliki gunung yang indah, pantai-pantai yang ada di Kabupaten ini juga begitu indah nan eksotis. Dari begitu banyak pantai, kami hanya sempat mengunjungi beberapa saja, yaitu pantai Bambang, Watu Pecak, Watu Godeg dan Watu Gedeg. Pantai Bambang merupakan pantai dengan ombak besar berlapi, dengan ketinggian mencapai 3 meter. sebagai ciri khas pemandangan pantai selatan. Pantai Bambang terletak di desa Bago Kecamatan Pasirian, 24 Km jarak dari kota Lumajang. Disebelah timur pantai Bambang terdapat pantai Watu Pecak, pantai ini biasanya digunakan sebagai tempat upacara Melasti atau sesuci bumi bagi umat Hindu Darma Bali.

Pantai Watu Godek dan pantai Watu Gedek berada di Kecamatan Tempursari, berjarak 55 Km dari kota Lumajang dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. Pantai Gedek memiliki tebing yang berbentuk seperti anyaman bambu atau gedek, oleh masyarakat sekitar pantai ini dinamakan watu gedek. Tak jauh dari lokasi Watu Gedek kita bisa menemukan pantai yang tak kalah indahnya yang dinamakan pantai Watu Godek. Panorama dipantai Watu Godek ini sangat indah, pemandangan laut lepas dengan latar bebukitan. Di pantai ini terdapat batu besar yang bila terkena ombak kelihatan seperti bergoyang godek (geleng kepala).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*