Menikmati Pesona Bawah Laut




A2DC merupakan komunitas diving yang terbuka untuk umum, dan bukan eksklusif untuk kalangan tertentu.

a2

Menikmati pesona dan keindahan bawah laut merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan, apalagi dapat melihat langsung terumbu karang dan biota-biota laut yang langka. Diving merupakan penyelaman dengan menggunakan peralatan selam lengkap, berupa Fin, Mask, Tabung Oksigen, Regulator, serta perlengkapan lainnya. Teknik selam ini dapat digunakan pada kedalaman tertentu dari permukaan air menggunakan bantuan tabung pernafasan. Dengan diving kita dapat menyelam serta menikmati pesona dan keindahan bawah laut. Komunitas penghobi Diving di Indonesia saat ini banyak bermunculan, tidak terkecuali di Surabaya.

Salah satu komunitas diving yang ada di Surabaya yaitu Arek-Arek Diving Club (A2DC). A2DC merupakan komunitas diving yang terbuka untuk umum dan bukan eksklusif untuk kalangan tertentu, komunitas ini juga terbuka bagi mereka penghobi diving yang berasal dari luar Surabaya. Komunitas ini dibentuk pada tanggal 10 Oktober 2010, saat ini anggota A2DC beranggotakan 45 orang, yang berasal dari berbagai kalangan mulai Ibu Rumah Tangga, Pegawai Swasta maupun Pemerintahan, sampai Profesional. Anggota A2DC juga dari berbagai kalangan usia, mulai dari usia 14 tahun sampai yang tertua berusia 72 tahun.

Sekertariat A2DC beralamat di Jalan Kapuas 41 Surabaya, komunitas ini memiliki jadwal latihan rutin pada hari rabu, di kolam renang Darmo setiap minggunya. Untuk dapat melakukan hobi diving haruslah mengantongi sertifikat Diving, yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang. Bagi Anda yang hanya ingin sekedar mencoba (Intro Diving) tidak perlu melalui tahapan sertifikasi. Anda akan didampingi instruktur khusus untuk belajar secara singkat, sebelum melakukan diving. Setelah itu Anda akan dibawa kedalam air, untuk melakukan diving yang sebenarnya dengan kedalaman antara 5 sampai 6 meter, dan tidak boleh melebihi itu.

Menurut Michael W. Adiwinata, Ketua A2DC, selain melakukan kegiatan menyelam, komunitas ini juga aktif melakukan kegiatan sosial dan mengedukasi masyarakat untuk perduli dengan kebersihan laut dan pantai. Sharing anggota dalam forum email grup, tentang tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi dan asyik buat diving. Aktif berpartisipasi dalam kegiatan seperti Pramuka Emas, renang lintas Selat Madura, Sail Bunaken, dan sebagainya. ‘Indonesia terdiri dari sekitar 1300 pulau yang semuanya dikelilingi oleh laut, masyarakat Eropa sendiri mengakui bahwa Indonesia itu merupakan tempat menyelam terbaik di dunia’, tegas Michael.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*