Menikmati Lezatnya Bisnis Kuliner




Alternatif Bisnis Yang Tak Pernah Mati

Menikmati Lezatnya Bisinis KulinerBisnis kuliner masih dinilai sebagai bisnis yang memiliki prospek yang cerah, hobi makan orang Indonesia menjadi alasan kuat dari penilaian itu, karena kebanyakan orang memiliki hobi makan dan suka mencoba makanan-makanan baru. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati, bahkan bisnis ini terus berkembang pesat, seiring dengan permintaan konsumen yang terus bertambah. Terlebih lagi, peminat sajian kuliner yang terus memburu tempat-tempat kuliner yang unik dan menarik, membuat para pebisnis kuliner bersaing ketat dalam bisnis ini.

Usaha kuliner akan tetap berjalan dengan lancar, produk yang di jual merupakan kebutuhan “perut” yang harus dipenuhi setiap saat, karena makan dan minum merupakan kebutuhan dasar dari manusia (pangan). Mengelola bisnis kuliner bukanlah hal yang mudah dan banyak tantangan yang harus kita lalui. Tak heran jika banyak pula pebisnis kuliner yang akhirnya gulung tikar karena tak mampu bersaing dengan rival-rival di dunia kuliner. Sebelum melangkah menjalankan bisnis, ada baiknya menentukan pesaing. Karena siapa pesaing anda, akan menentukan bagaimana Anda menghadapinya.

Menikmati Lezatnya Bisnis KulinerPesaing bisa datang dari skala usaha yang lebih kecil seperti warung tegal atau yang lebih besar seperti restoran dan sebagainya. Jika Anda telah mengetahui apa saja kelemahan pesaing, maka manfaatkan keadaan tersebut sebagai kelebihan bisnis Anda. Sediakan apa yang pesaing tidak sediakan, dan lakukan apa yang pesaing tidak lakukan. Saat bisnis sudah berjalan dan banyak konsumen yang datang, jangan terlalu sibuk memikirkan pesaing, harus tetap berkonsentrasi dengan kelebihan yang dimiliki bisnis Anda, pertahankan dan tingkakan kualitas produk serta pelayanan.

Lokasi usaha merupakan faktor yang paling berpengaruh bagi kelangsungan bisnis kuliner, tempat seperti sekolah, perkantoran, perumahan, dan tempat keramaian lainnya adalah pilihan lokasi yang tepat untuk dijadikan lokasi usaha kuliner. Cita rasa juga merupakan faktor penting dalam bisnis kuliner, tidak ada salahnya kita melakukan uji coba rasa makanan yang kita buat pada beberapa orang terdekat. Setelah itu kita minta pendapat mereka baik rasa maupun penampilannya, dengan begitu kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Ciri khas, baik dari segi ukuran produk, pelayanan, nama makanan, penyajian, promosi, kostum, hingga nama tempat usaha yang unik, akan menarik minat konsumen. Harga hendaknya disesuaikan dengan tempat usaha, serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen dan target pasar, sehingga konsumen merasa puas dan tidak di rugikan. Promosi yang paling efektif dan tidak mengeluarkan banyak biaya adalah promosi dari “mulut ke mulut”. Untuk itu, keunikan suatu usaha kuliner sangat diperlukan, agar dapat menarik minat para konsumen.

Bagi Anda pengusaha dan pebisnis, bisnis kuliner merupakan alternatif bisnis atau usaha yang patut dicoba, karena kuliner merupakan ‘bisnis yang gak ada matinya’. Jika dikelola dengan konsep dan manajemen yang baik, bisnis ini akan cepat menghasilkan keuntungan, apalagi penggila dan penikmat wisata kuliner semakin menjamur ahir-ahir ini. Jadi tunggu apalagi, segera cicipi dan nikmati lezatnya bisnis kuliner ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*