Mengintip Prospek Bisnis 2012




a3

Sejak adanya Revolusi Industri serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ragam usaha dana2 bisnis juga semakin berkembang. Setiap tahun selalu ada ragam usaha dan bisnis baru yang juga memberikan peluang baru bagi kita untuk mencoba dan mendapatkan keuntungan darinya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, memasuki tahun 2012 banyak peluang bisnis yang bisa Anda coba, bahkan karena banyaknya peluang usaha yang ditawarkan akan membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan. Perlu perhitungan yang cermat untuk menjatuhkan pilihan.

Memasuki tahun 2012 ini, sedikit banyak sektor industri mengalami perubahan, terutama mengenai tren fesyen, kuliner, hiburan, cara berbelanja, dan lain sebagainya. Memang gejala ini bisa dilihat sejak sekarang, namun tak banyak yang menyadari bahwa di balik itu semua ada peluang yang bisa dimanfaatkan. Baik pengusaha skala kecil, menengah sampai kelas atas, harusnya bisa melihat peluang ini dengan berpikir kreatif melakukan inovasi-inovasi produk yang bisa menarik perhatian konsumen. Dengan modal yang Anda miliki, Anda juga bisa bermain dengan konsumen di lini atas, menengah, dan bawah.

Tingkatan level kebutuhan konsumen (manusia) yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Dari tingkatan di atas yang paling utama adalah kebutuhan primer manusia, seperti pangan, sandang, dan papan. Bermain di bisnis ini sudah merupakan nilai lebih bagi usaha yang Anda jalankan. Bisnis kuliner tidak pernah ada matinya. Beberapa tahun ini bisnis kuliner kian mengemuka, apalagi dengan adanya tren Wisata Kuliner, membuat pertumbuhan baru bisnis dan usaha ini selalu meningkat setiap tahunnya karena banyak pemain baru yang terjun di dunia ini.

Bisnis Jasa dan Online juga akan mengalami perkembangan di tahun 2012. Banyaknya pengguna internet yang selalu meningkat setiap tahunnya, membuat usaha Bisnis Online ini semakin diminati oleh berbagai kalangan. Menurut Kevin, Owner dari Mobile Phone Shop, bisnis IT dan Gadget khususnya perangkat komunikasi dan telekomunikasi akan semakin berkembang. Seperti halnya handphone, selain sekarang menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang, perkembangan teknologi yang ada untuk lini bisnis ini juga semakin berkembang, banyak peluang usaha baru yang bisa menjadi turunannya dari bisnis ini.

Situasi ekonomi dunia yang kurang stabil membuat ketidakpastian perekonomian dunia akan sedikit banyak mengganggu perekonomian nasional. Meski Indonesia tergolong sukses dalam menghadapi resesi perekonomian global di 2009, pebisnis lokal harus tetap waspada dengan krisis yang terjadi saat ini. Berdasarkan riset Komite Ekonomi Nasional (KEN), kita harus menghindari kepanikan yang berlebihan. Ancaman krisis perekonomian dunia memang membuat pelaku usaha sedikit ketakutan. Namun, ekonomi Indonesia masih akan tumbuh dan ekonomi beberapa kawasan juga tetap berkembang. Jangan terlalu panik mengurangi seluruh aktivitas bisnis atau investasi.

a1

Segera sesuaikan langkah bisnis Anda dengan prospek pasar yang ada. Peluang bisnis itu selalu ada. Anda harus benar-benar tahu value sebuah produk. Bagi Anda pebisnis lama dan baru, berpikir kreatif dan selalu melakukan inovasi-inovasi produk adalah sebuah keharusan. Semangat dan ketekunan juga akan membuat bisnis yang Anda jalankan semakin berkembang. Mengetahui kelebihan dan kelemahan kompetitor akan membuat langkah bisnis Anda semakin laju. Selamat memasuki tahun 2012 dengan peluang bisnis yang terbuka lebar.