Mengenal dan Bermain Airsoft Gun




a3Bermain perang-perangan memang sangat menyenangkan, apalagi jika itu dilakukan bersama teman-teman dan kerabat dekat yang memiliki hobi sama. Suasana permainan dibuat sealami mungkin seperti dalam medan peperangan, dengan lokasi yang dibuat mirip dengan suasana hutan dan kota. Bermain perang-perangan biasanya menggunakan senjata mainan, dimana bentuk, jenis dan macamnya beraneka ragam, ada yang menggunakan peluru dengan bahan yang bermacam-macam, disesuaikan dengan senjata dan bentuk permainannya.

Airsoft Gun adalah mainan replika senjata yang hampir sama dengan jenis senjata aslinya baik berat dan ukurannya. Mainan replika Airsoft Gun mengadopsi beragam jenis senjata-senjata yang ada di dunia, baik dari jenis pistol, revolver, submachine gun, assault rifle, sniper rifle, shotgun sampai bazooka. Menurut Lukito dari komunitas Airsoft Gun Kamikaze dan TAG Surabaya, walaupun termasuk kategori mainan, Airsoft Gun juga mampu memuntahkan peluru plastik, dimana peluru dalam permainan ini biasa disebut dengan Ball Bullet (BB), untuk jenis tertentu bisa menggunakan BB alumunium, besi atau tembaga.

Pada dasarnya, airsoft gun digerakkan oleh hembusan udara yang dihasilkan oleh piston yang digerakkan oleh pengokang pada jenis Airsoft Spring, Motor yang digerakkan oleh baterai pada jenis Airsoft Electric dan hembusan gas (freon) pada jenis Airsoft Gas. Hembusan udara tersebut, memutar BB bulat dalam laras Airsoft Gun, agar laju BB tersebut bisa semakin akurat, fasilitas ini dinamakan fasilitas Hop-Up, yang sudah banyak diadaptasi oleh mainan Airsoft Gun dewasa ini.

Izin kepemilikan Airsoft Gun memiliki peraturan pembatasan umur (18+), sebagian besar penghobinya menggunakan Airsoft Gun sebagai sarana dalam bermain perang-perangan (airsoft wargames) atau sebagai barang koleksi. Sebagai benda koleksi, Airsoft Gun memang indah dipajang di ruang tamu maupun ruang kantor. Penghobi Airsoft Gun menggunakan perlengkapan militer lengkap dan perangkat airsoft gun-nya,untuk bermain peperangan (airsoft wargames) layaknya serdadu tempur maupun special forces unit.

a2Selain bangunan kosong, permainan ini kerap memilih hutan, kebun, dan gedung. Dengan mengenakan pakaian serba lengkap, setiap anggota wajib mengenakan pelindung, seperti pakaian tebal, kacamata, sepatu, dan pelindung kaki. Bermain Airsoft Gun bisa menjadi hobi yang mengasyikkan, permainan ini menuntut sportivitas tinggi, mengingat peluru sama sekali tak meninggalkan jejak pada musuh, yang terkena tembakan harus langsung mengaku. Selain bisa memupuk sportivitas, permainan ini bisa melatih kesabaran, ketangkasan, dan kecerdikan menggunakan strategi melumpuhkan lawan.

Mahalnya peralatan menjadikan kegiatan ini masih terbatas pada kalangan tertentu saja, para pemain Airsoft Gun berkantong pas-pasan bisa saja mengakalinya dengan membeli peralatan murah. Biasanya terdapat senjata buatan Cina, dengan harga terjangkau dibanding yang asli, harga sebuah Airsoft Gun yang asli bisa mencapai jutaan sampai puluhan juta rupiah. Banyak tempat yang menyewakan peralatan dan perlengkapan bermain Airsoft Gun yang bisa Anda coba. Dulu kita bermain perang-perangan dengan senjata dari tangkai daun pisang, kini teknologi memungkinkan kita mengganti tangkai daun pisang dengan senjata yang sangat mirip senjata sebenarnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*