Menerjang Liarnya Arus Sungai Pekalen




SungaiPekalenBagi masyarakat Surabaya yang senang dan hobi dengan wisata sekaligus olahraga, Rafting dapat menjadi salah satu pilihan. “Mantab, seru, menantang, dan tak ada bosannya” kiranya itulah gambaran sensasi menantang dari rafting.
Dalam kesempatan kali ini, tim Iklan Pos mengikuti acara Rafting Trip With Pro2 yang diselenggarakan oleh Pro2 Fm dengan official media partner Iklan Pos. Rafting Trip merupakan acara yang digelar dalam rangka menikmati wisata alam antara Pro2 Fm dengan mitra Pro2.
Peserta Rafting Trip cukup banyak, yakni berjumlah 60 orang yang berasal tidak hanya dari Surabaya. Berangkat dari Surabaya pukul 07.30 WIB langsung menuju Kota Probolinggo. Rafting kali ini berada di bawah operator rafting Noars.
Sebelum petualangan rafting dimulai, wisatawan akan singgah dulu di basecamp Noars yang ada di desa Pesawahan. Di sini peserta dapat beristirahat sejenak sambil menikmati hidangan pisang rebus dan minuman yang dinamakan Poka yang terbuat dari teh dicampur jahe, keningar dan kayu manis. Peserta juga diberi kesempatan untuk berganti pakaian dengan pakaian yang memang siap untuk basah. Selain itu juga ada perlombaan yang pastinya menambah keakraban dan keceriaan peserta rafting.
Demi menjaga keselamatan, peserta diharuskan memakai pelindung keselamatan seperti helm dan jaket pelampung. Setelah itu, peserta dibagi menjadi 12 kelompok, setiap kelompok berisi 5 orang plus 1 guide yang terlatih dan berpengalaman.
Sebelum berangkat peserta akan diberi penjelasan singkat tentang cara berarung jeram. Disini peserta akan dikenalkan dengan beberapa istilah yang dipakai dalam berarung jeram.
Setelah semuanya siap, peserta baru berangkat menuju lokasi yang ada di Desa Ranu Gedang dengan menggunakan mobil yang sudah disiapkan oleh pihak operator. Kemudian berjalan kaki kearah timur menyusuri jalan setapak sekitar 500 meter sampai ke arah sungai. Selama berjalan kaki, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sejuk nan indah.
Sesampai di sungai, berarti petualangan siap di mulai. Selama pengarungan sungai Pekalen (atas) terdapat sekitar 50 jeram yang kesemuanya sangat bervariasi tingkat kesulitannya mulai dari grade II sampai dengan grade III+ yang artinya karakter sungai tersebut memiliki jeram yang cukup besar, ombak yang tinggi dan tidak beraturan serta medannya cukup sulit untuk di lewati yang pastinya memacu adrenalin. Lama pengarungan sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam termasuk waktu istirahat ditengah perjalanan.
Pemandangan alam yang sejuk nan eksotik memanjakan setiap sudut mata memandang. Disamping bertarung dengan derasnya arus dan medan yang sulit, peserta juga dapat menikmati keindahan pemandangan alam seperti goa kelelawar lengkap dengan ratusan kelelawar yang sesekali memekik dan berterbangan, struktur batuan alami, dan keindahan 7 air terjun. Sesampainya di air terjun terbesar, peserta bisa turun menikmati derasnya terpaan dinginnya air terjun.
Menjelang finish, sebuah tantangan kembali ditawarkan. Bagi peserta yang bernyali besar dapat mencoba untuk terjun dari bukit dengan ketinggian kurang lebih 4 m. Rasanya sulit untuk diungkapkan, benar-benar jantung rasanya mau copot, takut dan asyik bercampur jadi satu. benar-benar seru dan menantang.”Top markotop, bikin ketagihan dan gak ada kapoknya dech untuk rafting”, ujar Lina.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*