Membangun Daya Juang Anak Sejak Dini




bPersaingan hidup dari tahun ke tahun semakin meningkat, seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat setiap waktu, menuntut orang tua untuk menyiapkan generasinya mempunyai daya juang yang tinggi, dalam menjalani hidupnya. Oleh karena itu anak harus mempunyai daya juang yang tinggi dan mereka harus inovatif, agar bisa menjadi bekalnya kelak, dalam menjalani hidup yang sebenarnya ditengah-tengah masyarakat. Memiliki daya saing yang positif dan berguna bagi keluarga, masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Menurut Budi Wardhani, Manager Operasional, Yayasan Cahaya Harapan Bangsa (MDC), membangun daya juang anak harus dilakukan sejak dini, sejak usia sekolah. Selain pelajaran klasikal yang bisa didapat disekolah, anak juga perlu diajak dan diajarkan keluar dari zona nyaman yang ada, agar mereka bisa merasakan pengalaman hidup yang sebenarnya. Mengaplikasikan ilmu dan teori yang mereka dapat disekolah dengan lingkungan sekitarnya, sehingga mereka bisa merasakan langsung kegunaan dan manfaat, ilmu dan teori-teori yang sudah mereka pelajari.

b2Ketika mereka keluar dari zona nyaman membuat mereka berpikir, dan ketika mereka kembali dari sana, sudah memiliki pengalaman, bahwa hidup itu tidak mudah dan juga harus belajar dari lingkungan sekitarnya. Mengajarkan daya juang juga harus disesuaikan dengan tahapan dan perkembangan anak, sekolah Masa Depan Cerah memfokuskan pada pembentukan karakter siswa, sehingga pembelajaran karakter tidak dilakukan hanya sebatas pengetahuan, namun juga menyentuh perasaan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*