LOW PROFILE DENGAN PARKOUR




a1Dalam episode hobi dan komunitas kali ini, kita akan membahas salah satu komunitas Parkour yang ada di Surabaya. Parkour merupakan seni berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, seefisien dan secepat mungkin, dengan mengandalkan kekuatan tubuh seutuhnya. Dilihat dari sejarahnya, Parkour sendiri berasal dari Perancis, yang ditemukan dan diperkenalkan pada publik oleh David Belle, salah seorang militer di negeri itu, yang saat ini juga berprofesi sebagai aktor dan stuntman. Parkour memang masih tergolong baru di Indonesia, wajar jika masih banyak orang yang belum mengenalnya, namun perkembangan parkour di negeri ini sangat pesat.

Hampir di semua kota penikmat seni ini terus tumbuh dan berkembang, termasuk di Surabaya. ‘Low Profile’ merupakan salah satu komunitas Parkour yang ada di Surabaya, sejak didirikan dua tahun yang lalu, tepatnya tanggal 1 Februari 2010, komunitas ini memiliki anggota sekitar 40 orang, dengan anggota aktif sekitar 20 orang. Menurut Alfa Zulfikar atau yang akrab dipanggil Johnny, pendiri komunitas ini, nama Low Profile sendiri dipilih agar kapanpun dan dimanapun anggota komunitas ini tetap rendah hati, dengan kemampuan yang dimilikinya. Komunitas ini memiliki jadwal rutin untuk latihan, setiap malam minggu di Skate Park Surabaya.

Saat kami mendatangi komunitas ini, tampak beberapa Traceur, sebutan bagi pelaku Parkour laki-laki, dan Traceuse sebutan bagi pelaku Parkour perempuan, sedang asyik berlatih memperlihatkan teknik-teknik dari gerakan parkour. Jika Anda pecinta dan penggemar film Jacky Chan, pastilah tau gerakan-gerakan berpindah tempat yang diperagakan pada setiap filmnya, melompat di atas ketinggian, melewati beberapa rintangan, seperti tembok-tembok beton dan berbagai macam bangunan lainnya. Gerakan-gerakan yang ditampilkan oleh ‘Low Profile’ ini, hampir sama dengan gerakan yang ditampilkan oleh Jacky Chan dalam film-filmnya.

Parkour bertujuan untuk melatih efisiensi gerakan, serta membentuk badan dan pikiran seseorang, untuk dapat menghadapi rintangan-rintangan dalam kondisi yang berbahaya, baik di alam terbuka maupun lingkungan perkotaan. Saat martial art disebut bentuk latihan untuk fight (bertarung), parkour merupakan suatu bentuk latihan untuk flight (kabur). ‘Parkour mengandung pembelajaran yang positif, manjawab tantangan untuk melawan semua rasa takut, dari dalam diri kita sendiri. Kadangkala setiap rintangan yang akan kita lalui, tidak seperti yang pernah kita bayangkan sebelumnya’ tegas Johnny, sambil tersenyum.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*