Logo Identitas Produk Perusahaan




Sebuah logo dapat menyampaikan lebih banyak hal dalam membedakan produk dari para pesaing, dan tentu saja menarik pelanggan dari pandangan pertama.

logo perusahaanDalam sehari mata kita mengamati atau melihat berbagai logo yang ada disekitar, baik itu di dalam maupun di luar ruangan. Logo-logo yang kita lihat itu jumlahnya mungkin puluhan, ratusan, atau bahkan lebih, dalam sehari. Logo merupakan suatu unsur yang sangat berpengaruh dalam sebuah perusahaan, berfungsi sebagai identitas yang mereprentasikan citra sebuah perusahaan dan produknya dimata konsumen. Logo berfungsi sebagai identitas visual dari sebuah perusahaan, jika diibaratkan tubuh manusia, logo adalah wajahnya. Sehingga logo memiliki fungsi sebagai ciri khas dari perusahaan, menjadi sesuatu yang penting dalam branding dan pembeda dengan kompetitor.

Di dunia bisnis, visual juga memainkan peran yang sangat penting untuk membangun citra dan identitas dalam benak khalayak. Sebuah identitas visual yang kuat mengandung visi, harapan, nilai, filosofi, karakter, dan keunikan yang membuatnya berbeda, bermakna dan berharga. Saat ini, logo merupakan elemen penting dalam strategi bisnis perusahaan secara keseluruhan. Logo adalah suatu bentuk gambar atau simbol, yang mewakili sebuah perusahaan, organisasi, produk, atau hal lain yang membutuhkan penanda, dimana mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.

 

Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar, berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Dalam lingkungan bisnis yang begitu luas, tidak ada hal yang dapat membantu sebuah perusahaan atau produk terlihat lebih menonjol, dibanding produknya selain dengan logo. Sebuah logo dapat menyampaikan lebih banyak hal dalam membedakan produk dari para pesaing, dan tentu saja menarik pelanggan dari pandangan pertama. Logo-logo yang mendunia seperti Toyota, Nike, McD, Apple, dan sebagainya, memudahkan konsumen atau pelanggan setianya loyal dan bangga dengannya, serta membuat produk tersebut terlihat unik.

 

Hal yang paling penting dan esensial dari program marketing, branding hingga corporate identity adalah logo. Jadi sudah sepantasnya apabila logo harus menjadi simbol pesan yang ingin disampaikan kepada pelanggan atau calon pelanggan. Logo yang sederhana akan lebih gampang dan mudah diingat. Sangatlah penting bagi para pemilik perusahaan untuk menyadari, sederhana dan efiseinnya sebuah logo tidak berarti bahwa logo tersebut kehilangan hakikat, atau sesuatu yang berharga. Untuk mendukung fungsinya yang fleksible, maka sebuah logo harus sederhana tetapi masih dapat menyampaikan pesan kepada khalayak, terutama pelanggan dan calon pelanggannya.

 

Membuat logo yang baik tidak boleh sembarangan, dibutuhkan proses berpikir kreatif, karena logo tersebut akan digunakan untuk jangka panjang. Sebuah logo yang memiliki fungsi hebat haruslah memiliki kemampuan untuk dicetak secara offset printing, digital, atau pun sablon pada banyak media, tanpa kehilangan makna dan keindahannya. Kebutuhan akan fungsi membuat sebuah logo terbaik harus sederhana, bisa diskalakan, memberikan inspirasi dan semangat. Sebuah logo yang baik apabila dikurangi ukurannya atau ditambahkan, serta ditempatkan kedalam berbagai media tidak akan kehilangan makna aslinya, bahkan untuk penggunaan pada media digital sekalipun.

 

Logo adalah bagian penting dari pengakuan sebuah brand atau merek, karena konsumen atau pelanggan akan mengasosiasikan logo dengan produk dan perusahaan. Mengenalkan logo kepada masyarakat bukan merupakan suatu hal yang mudah, sebuah logo bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun agar familiar bagi orang banyak. Dengan strategi branding yang kreatif, proses pengenalan logo akan lebih efektif dan efisien. Tak hanya perusahaan-perusahaan besar yang harus memiliki logo sebagai identitas produk dan bisnisnya. Pebisnis dalam skala UKM juga harus memikirkan hal ini, begitu pun dengan Anda yang saat ini akan dan sudah memulai berbisnis.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*