TIPS MEMILIH BAHAN PLAFON BERKUALITAS

TIPS MEMILIH BAHAN PLAFON BERKUALITAS

14

a1

Kesempurnaan sebuah bangunan dikatakan lengkap apabila bangunan tersebut sudah memiliki langit – langit atau biasa disebut dengan plafon. Plafon sendiri selain berfungsi sebagai penutup rangka atap atau struktur atap juga berfungsi sebagai peredam panas serta dapat menambah estetika ruangan yang ada.

Menurut Budi Soetanto dari Sunway Interior, ada beberapa bahan plafon yg sering dijumpai, seperti : Gypsum, Triplek, Fiber Semen, dan Plafon Plastic PVC. Dimana setiap bahannya memiliki kelebihan dan kelemahan, berikut ini penjelasannya:

  • Bahan Plafon Gypsum sudah sangat umum bahkan sering dijumpai di toko – toko bangunan dengan harga yang murah dan variatif tergantung dari ketebalan dan merek. Namun Plafon Gypsum ini tidak tahan terhadap air, mudah timbul noda hitam atau bahkan bisa hancur bila sering terkena air.
  • Bahan Triplek, harga relatif murah dengan berbagai macam ketebalan. Pemasangan juga lebih mudah tidak perlu ahli khusus. Kelemahan Plafon ini mudah hancur apabila terkena air atau dimakan rayap. Dan biasanya agar lebih indah perlu finishing dengan cat kayu atau wallpaper.
  • Bahan Fiber Semen, yaitu perpaduan Gypsum dengan triplek dimana mempunyai kelebihan dan kelemahan yang sama. Dari segi harga Fiber Semen lebih murah dari Gypsum. Bahan ini cenderung lebih keras dan lebih berat sehingga harus hati-hati sewaktu memotong karena mudah retak.
  • Bahan PVC, terbuat dari Plastik Poly Vinyl Chloride, plafon PVC ini tahan terhadap air dan rayap, sehingga dapat di aplikasikan di area indoor ataupun outdoor. Teknik pemasangannya pun mudah yaitu dengan system knockdown. Plafon PVC pada umumnya sudah dengan finishing warna dan motif sehingga tidak perlu tambahan pekerjaan dan biaya cat. Namun harga memang lebih mahal dibandingkan dengan bahan Gypsum dan Triplek karena kualitasnya yang jauh lebih bagus.

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply

Current ye@r *