Ngopi Juga Baik Untuk Kesehatan

0

aKhasiat kopi memang ada baiknya juga untuk kesehatan kita, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Tradisi minum kopi hampir ada diberbagai negara di dunia, tak terkecuali di Indonesia yang juga merupakan salah satu negara terbesar penghasil kopi dunia. Kopi yang mengandung kafein memiliki efek negatif dan positif bagi kesehatan, jika mengkonsumsi kopi dengan benar kita akan lebih memperoleh manfaat positifnya daripada negatifnya. Mulai cara memproduksi hingga cara meminumnya, kopi ternyata memiliki keunikan tersendiri. Banyak masyarakat umum yang tidak mengetahui akan hal ini. Pengetahuan tentang kopi merupakan sebuah hal yang harus dipelajari, agar kita bisa merasakan sensasi rasa serta manfaat ketika mengkonsumsinya.

Popularitas kopi telah membuat orang percaya berbagai hal yang berbeda tentang bagaimana kopi mempengaruhi kesehatan kita. Beberapa hal tentang kopi adalah benar, yang lain hanyalah sebuah mitos yang telah dipertahankan selama bertahun-tahun. Kopi sering disalahkan karena kandungan utamanya, yaitu kafein. Kafein adalah senyawa alkaloid xantina yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuterik ringan. Orang memiliki kepekaan yang berbeda terhadap kafein. Banyak orang dapat minum beberapa cangkir dalam satu jam dengan tidak mendapat efek samping, orang lain mungkin merasakan beberapa efek setelah meminum satu cangkir.

Khasiat kopi memang ada baiknya juga untuk kesehatan kita, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ngopi jadi kebiasaan yang tak asing lagi dalam kehidupan kita. Kopi dapat ditemui di berbagai tempat, baik warung kopi pinggir jalan maupun kafe-kafe terkenal. Jika di warung kopi hanya menyediakan kopi tubruk atau kopi murni, di kafe-kafe, jenis kopi yang disajikan pun ada dalam berbagai pilihan. Setiap jenis kopi itu mempunyai penggemar tersendiri. Namun, bagi penikmat kopi, secangkir khasiat kopi pilihan mereka mempunyai kenikmatan tersendiri pula. Selain rasanya yang nikmat, khasiat kopi dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja.

Tanaman kopi terbagi menjadi dua spesies, yaitu arabika dan robusta. Arabika merupakan kopi tradisional dengan rasa yang enak, sementara robusta mempunyai rasa pahit dan sedikit asam, serta mengandung kafein yang lebih tinggi. Kandungan kafein dalam secangkir kopi tergantung pada varietas kopi tersebut. Saat ini, jenis kopi yang ada sangat beragam. Kopi bubuk terbuat dari biji kopi murni yang disangrai, digiling sampai halus, kemudian disaring atau diayak. Kopi instan merupakan produk kering yang mudah larut dalam air, yang diperoleh dengan mengekstrak biji tanaman kopi yang telah disangrai.

Minum kopi dapat membuat tubuh seseorang menjadi terjaga lebih lama sehingga dapat memacu aktivitas. Hal itu karena adanya senyawa yang terpenting dalam kopi, yaitu kafein. Kafein merupakan salah satu jenis alkaloid yang dapat dijumpai secara alami dalam tanaman. Kafein dalam kopi berfungsi sebagai senyawa perangsang yang bersifat bukan alkohol. Senyawa kafein dalam kopi dapat memengaruhi sistem saraf pusat, otot, dan ginjal. Pengaruhnya terhadap sistem saraf pusat adalah menciptakan keadaan yang mencegah rasa kantuk, menaikkan daya tangkap panca indra, mempercepat daya pikir, dan mengurangi rasa lelah.

Selain itu, kafein dalam khasiat kopi dapat meningkatkan kerja otak. Biasanya, efek yang terjadi di otak akan muncul dalam dua jam. Karena itu, kafein tidak memberikan pengaruh langsung bagi peminumnya. Minum kopi secara teratur dapat memberi beberapa efek ringan yang tidak diinginkan. Gejala jangka pendek tersebut akan segera hilang jika kebiasaan mengonsumsi atau minum kopi itu dihentikan. Konsumsi kafein dalam jumlah wajar, yaitu sekitar 300 mg per hari atau setara dengan tiga cangkir kopi per hari, tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada orang dewasa normal.