MUDAHNYA MEMELIHARA IGUANA HIJAU

0

a1Untuk episode hobi dan komunitas kali ini kami akan menghadirkan penghobi binatang, yang memelihara Iguana Hijau sejak kecil. Iguana umumnya hidup di hutan daerah tropis dan subtropis, sepanjang garis pantai, dan bahkan di gurun. Berbagai jenis iguana dapat ditemukan di lokasi seperti Amerika Selatan, Kanada, Pulau Galapagos, Madagaskar, Kepulauan Karibia, Amerika Tengah, sepanjang pantai timur Afrika dan Fiji. Terdapat beberapa jenis iguana dan sebagian besar diantaranya termasuk hewan langka, hanya iguana hijau dan merah yang masih memiliki populasi cukup besar. Iguana yang kami sajikan saat ini adalah jenis Iguana Hijau.

Iguana Hijau (Green Iguana) yang dipelihara oleh Syamir Alkatiri ini berusia 2,5 tahun, Dia memeliharanya mulai saat umur 2 bulan. Awalnya Dia hanya seorang pecinta binatang, seperti ikan, kucing, kelinci serta tikus. Perkenalannya dengan ‘Igun’ nama iguana yang Dia pelihara, berawal saat temannya menawarkan iguana ini yang tidak terawat, dengan harga yang murah. Karena kasihan dan mulai suka dengan iguana, ahirnya Dia membelinya dan mulai memeliharanya. Waktu kecil iguana ini detempatkan di akuarium, tapi saat ini justru dibiarkan saja berkeliaran di rumah, karena kesehariannya sering berada di teralis gorden rumah.

Menurut Syamir, memelihara dan merawat iguana itu sangat mudah, tidak sesulit yang dibayangkan oleh orang awam. Karakter dasar iguana tidak agresif, jinak, tidak berisik, sifatnya juga tenang ketika kita handle atau kita letakkan dipundak. Untuk makanan iguana cukup diberikan sayuran yang higienis (herbivora), disarankan seperti kangkung, sawi, daun pepaya, wortel, pisang dan tomat, serta jangan lupa diberi air minum yang bersih. Salah satu sifat yang unik dari mereka adalah potty trained, atau dapat dilatih untuk buang air besar (BAB) disatu tempat yang ditentukan, baik diluar maupun didalam rumah.

Iguana hijau suka sekali berjemur bahkan berenang, karena mereka adalah hewan berdarah dingin, sehingga membutuhkan panas dari matahari untuk proses pencernaan makanan dalam lambungnya.

Agar tidak melukai kulit ketika digendong, kuku iguana harus sering dipotong, memotongnyapun cukup beberapa mili saja, karena dalam kukunya juga terdapat pembuluh darah. Iguana juga sering berganti kulit seperti ular. ‘Siapapun dapat memelihara iguana dalam jangka waktu atau umur yang panjang, dengan tidak hanya memberinya makan dan minum saja, tapi kita harus memberikan perhatian khusus dan waktu spesial, untuk menghandle mereka’ tegas Samir, sambil tersenyum

Nama                    : Syamir Alkatiri

TTL                       : Surabaya 19 September 1990

Status                   : Mahasiswa UPN Surabaya, Jurusan DKV

Nama Iguana      : Igun

Jenis                     : Iguana Hijau (Green Iguana)

Umur                    : 2,5 Tahun

Panjang                : 160 Cm