Merdeka Di Bulan Ramadhan :

0

a

Ketika bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, ternyata pada saat itu bersamaan dengan bulan Ramadhan 1364 Hijriah. Saat ini ketika bangsa Indonesia memperingati HUT RI yang ke-66, 17 Agustus 2011 juga bertepatan dengan bulan Ramadhan 1432 Hijriah, hal ini merupakan peristiwa bersejarah bagi umat Muslim di Indonesia.

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah, sistem penanggalan agama Islam. Selama bulan Ramadhan ini, pemeluk agama Islam atau umat Muslim diseluruh dunia melakukan serangkaian aktivitas ibadah keagamaan, termasuk di dalamnya menjalankan rukun Islam yang ke-4 yaitu berpuasa, salat terawih, memperingati turunnya Al-Quran, mencari malam Lailatul Qadar, memperbanyak membaca Al-Quran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah serta rangkaian perayaan dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan, serta berbagai sisi kebaikan dalam hidup. Oleh karena itu, umat Muslim hendaknya mengambil berbagai sisi keberkahan Ramadhan dengan berbagai aktivitas positif, mulai dari sisi ekonomi, sosial, budaya, peradaban dan pemberdayaan umat manusia. Semua kegiatan positif yang kita lakukan itu, tidaklah harus mengganggu kekhusu’an dan kenikmatan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, terutama dalam menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang penuh aktivitas ibadah dan amaliah positif.

Umat Muslim Merdeka Di Bulan Ramadhan dari godaan setan, sebab di bulan ini semua setan dibelenggu, hawa nafsu dikendalikan dengan puasa, pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat kondusif untuk bertaubat dan memulai hidup baru dengan langkah baru yang lebih Islami. Taubat berarti meninggalkan kemaksiatan, dosa dan kesalahan serta kembali kepada kebenaran, atau kembalinya hamba kepada Allah SWT dengan meninggalkan jalan orang yang dimurkai dan jalan orang yang sesat.

Ketika bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, ternyata pada saat itu bersamaan dengan bulan Ramadhan 1364 Hijriah. Bangsa Indonesia Merdeka Di Bulan Ramadhan, Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling mulia dan bersejarah bagi umat Muslim, sedangkan bulan Agustus adalah bulan yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Saat ini ketika bangsa Indonesia memperingati HUT RI yang ke-66, 17 Agustus 2011, juga bertepatan dengan bulan Ramadhan 1432 Hijriah, hal ini merupakan peristiwa bersejarah bagi umat Muslim di Indonesia.

Mungkin semangat Ramadhan jugalah yang mengilhami pemimpin kita untuk mencetuskan Proklamasi kemerdekaan kita. Bulan Ramadahan membuat motivasi mereka meningkat secara berlipat ganda dan Allah juga membuka jalan bagi mereka.

Ramadhan bukan bulan istirahat yang menyebabkan mesin-mesin kebaikan berhenti bekerja, tetapi momentum tahunan terbesar untuk segala jenis kebaikan, sehingga kebaikan itulah yang dominan atas keburukan dan dominasi kebaikan bukan hanya dibulan Ramadhan saja, tetapi juga diluar bulan Ramadhan.

Dalam konteks ini, makna kemerdekaan terasa pas bila dikaitkan dengan semangat Ramadhan. Kita diajak untuk membangun iman dan takwa, memetik hikmah Ramadhan dengan pengendalian diri, menjauhkan nafsu angkara murka dan mematikan semangat keserakahan. Ramadhan menuntut kita melepaskan diri dari perilaku menjajah, menindas si lemah, apalagi terhadap bangsa sendiri. Mudah-mudahan dengan Ramadhan, kita bangun semangat dalam mengisi kemerdekaan, semangat memajukan kehidupan masyarakat agar tewujud kemakmuran dan keadilan. Marhaban Ya Ramadhan dalam Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-66.