Menyambut Bulan Penuh Berkah

0

a1Hampir seluruh kota di negeri ini mempunyai tempat ngabuburit khusus selama bulan Ramadhan, yang biasanya dipenuhi oleh penjual makanan dan aksesoris

Bulan Ramadhan 1434 Hijriah jatuh pada bulan Juli 2013, di bulan ini umat muslim menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, sebelum merayakan hari raya Idul Fitri. Ramadhan adalah bulan penuh berkah, yang ditunggu kehadirannya oleh umat muslim diseluruh dunia. Dibutuhkan persiapan mental dan fisik yang prima, agar bisa melaksanakan ibadah dengan khusuk saat bulan Ramadhan tiba. Banyak kebiasaan-kebiasaan positif yang sudah menjadi tradisi dan bermanfaat bagi mereka saat melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan

aPertama kali bagi orang yang ingin melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadhan adalah niatnya. Setelah niat sudah mantap, kesehatan fisik juga perlu di perhatikan, agar tubuh tetap fit selama melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Umat muslim biasanya menyiapkan beberapa busana muslim dan perlengkapan sholat yang akan digunakan selama bulan puasa. Agenda serta jadwal pelaksanaan ibadah biasanya juga telah disiapkan, seperti waktu pelaksanaan sholat, sahur, imsak, hingga buka bersama, yang diseting dalam alarm waktu setempat.

Puasa dimulai dengan bersantap sahur, yang biasanya dilakukan sekitar jam 3 pagi hingga waktu imsak menjelang Shubuh. Tradisi membangunkan orang tidur menjelang waktu sahur, sudah menjadi budaya yang turun temurun dilakukan oleh masyarakat kita. Stasiun-stasiun televisi nasional maupun lokal tayang lebih pagi, memberikan suguhan program-program bernuansa islami yang mendidik dan menghibur pemirsanya yang lagi bersantap sahur. Setelah waktu imsak tiba, biasanya dilanjutkan dengan sholat shubuh berjamaah baik di rumah atau masjid terdekat.

Saat bulan Ramadhan tiba jam kerja pun biasanya dikurangi, untuk memberikan kesempatan pulang lebih awal, agar bisa melaksanakan berbuka bersama keluarga atau orang-orang yang disayangi. Tradisi ngabuburit juga telah menjadi budaya yang tidak bisa dilepaskan dari suasana bulan Ramadhan. Hampir seluruh kota di negeri ini mempunyai tempat ngabuburit khusus selama bulan Ramadhan, yang biasanya dipenuhi oleh penjual makanan dan aksesoris. Kadang pemerintah setempat mengadakan basar-basar khusus selama bulan Ramadhan.

a2Ketika berkumandang adzan Maghrib, tibalah waktu berbuka bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Saat berbuka puasa dianjurkan untuk memakan makanan atau minuman yang manis, untuk menambah energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Kehadiran kurma dalam menu berbuka puasa juga sudah menjadi tradisi yang selalu ada ketika waktu takjil. Banyak instansi, perusahaan, keluarga besar, teman, dan lain sebagainya, mengadakan acara buka bersama untuk menjalin rasa kebersamaan dan keperdulian bagi sesame, yang juga bernilai ibadah.

Selain berpuasa, banyak ibadah-ibadah lainnya yang bisa dilakukan dan bernilai pahala di bulan Ramadhan, seperti halnya sholat tarawih, tadarus, hingga iktikaf di masjid. Perkembangan gadget saat ini yang semakin canggih juga mendukung kita dalam melakukan ibadah, seperti aplikasi Al-Quran digital dan sebagainya. Kita bisa belajar memperdalam agama dibulan ini, melalui berbagai media, seperti halnya lewat media lagu-lagu Nasyid. Bulan Ramadhan merupakan momentum untuk hidup yang lebih baik, serta mendapatkan amalan-amalan ibadah yang berlimpah.