Menengok Aneka Rupa Hobi Unik

0

Hobi_UnikMOTOR BESAR CLUB (MBC)
Jum’at malam itu deru suara knalpot khas motor besar memasuki area Surabaya Town Square (sutos). Mereka adalah para pecinta motor besar di Surabaya yang tergabung dalam komunitas Motor Besar Club (MBC) Surabaya. Mereka biasanya berkumpul di Sutos setiap Jum’at malam. Menurut Joko, Koordinator Lapangan MBC bahwa berkumpul ini merupakan acara rutinitas untuk mempererat kekeluargaan antar anggota disamping touring bersama. Selain itu, juga sering mengadakan aksi Bhakti sosial baik di Surabaya maupun luar Surabaya.
Diantara deretan moge kami menghampiri modifikasi motor sport 1000cc, Yamaha R1 keluaran tahun 2003 milik Riyo. Ia kurang lebih satu tahun bergabung dengan MBC. Menurutnya, sudah dari dulu senang dengan moge, sebab orang tuanya juga hobi dengan moge. Memiliki moge merupakan kebanggaan tersendiri disamping karena kenyamanan mengendarainya. Tapi memiliki moge juga perlu ketelatenan tersendiri. Betapa tidak perawatannya seperti merawat orang, mulai dari perawatan mesin berkala, bodi harus selalu disalonkan seperti salon mobil. “Ya harus benar-benar rajin membersihkanya” tutur Riyo.
Yamaha Sport R1 tahun 2003 1000 cc. telah dimodifikasi dengan spesifikasi modifikasi : New Brembo 19 RCS Radial Brake Master Cylinder (handle + master rem dpn) Brake-lines HEL (selang rem) GALFER. Sport Bike Wave Rotors (disc brake) GALFER Brake Pads (kampas rem) Ohlins Shock Absorber (shock breaker belakang) HID H6 6000K Hi/Low bixenon magnetic second 35 watt ballast slim (lampu putih kebiru2an xenon depan) Windshields MRA model Racing Double Bubble (kaca depan pemecah angin) Bridgestone Battlax BT-016 Rear Tire, Hypersport (ban belakang) Bridgestone Battlax BT-090 Front Tire, Radial (ban depan) Full Carbon Modification Parts seperti Spat bor Depan, Spat Bor belakang, Housing Spion (rmh spion carbon), pelindung tangki tengah carbon. Biaya modifikasi kurang lebih menghabiskan biaya sampai Rp 50 juta.

FREE ADVENTURE DIRTBIKE
Akhir-akhir ini bersepeda menjadi hobi tersendiri bagi sebagian masyarakat. Sebab bersepeda sangat bagus untuk kesehatan. Ada dua kategori bersepeda, yaitu fun bike (on road) dan offroad.
Bersepeda offroad memiliki tantangan yang lebih dibanding on road, sebab medannya tidak di jalan raya. Salah satu komunitas sepeda offroad di Surabaya adalah Free Adventure Dirtbike yang anggota aktif sekitar 36 orang dan kebanyakan adalah para pengusaha Surabaya.
Menurut Alexander Rudi, ketua Free Adventure Dirtbike, untuk jadwal main sepeda satu minggu 3 kali, setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 05.15 WIB. dan tiga minggu sekali keluar kota seperti di Pujon dan Ijen. Disana sudah seperti rumah kedua bagi mereka, hampir semua masyarakatnya kenal.
Perlengkapan yang dibutuhkan untuk sepeda offroad adalah sepeda yang memenuhi standart, helm, sepatu, sarung tangan dan kacamata.
Rudi menambahkan bahwa ada tiga pedoman yang harus dipertimbangkan, sebelum seseorang bersepeda, pertama, karakter main (pilih offroad atau onroad. Kalau offroad itu treknya seperti apa? down hill atau cross country). Kedua, karakter fisik (maksudnya seumpama berat badan 100 kg jangan memakai sepeda yang kecil, atau sebaliknya. Selain itu perlu diketahui struktur tubuh sebab ukuran sepeda dan anatomi tubuh berbeda. Jadi tidak bisa dilihat berdasarkan bagus tidaknya model sepeda. Ketiga adalah budget. Namun landasan yang utama adalah niat untuk bersepeda.

ROCKAHOLIXX COMMUNITY
Bagaimana jadinya jika anda memiliki koleksi CD khususnya hardrock dan heavymetal  import yang jumlahnya mencapai ribuan keping? Puas dan bangga mungkin kata  itulah yang mewakili perasaan  para anggota Rockaholixx, sebuah komunitas pecinta musik hardrock dan heavymetal yang beranggotakan beberapa orang dengan latar belakang, usia dan profesi yang berbeda-beda.
Saat ditemui di sebuah resto yg juga merupakan tempat mangkal mereka tiap minggu di kawasan nginden, kami ditemani oleh beberapa anggotanya yaitu Hendri, Irwan, Sumantri dan Bhaskoro.
Jenis CD, kaset dan bahkan piringan hitam serta merchandise yang dikoleksi merupakan jenis-jenis yang sangat langka, bahkan banyak diantaranya merupakan ‘limited edition’ yang dicetak sangat terbatas di seluruh dunia.
Para pecinta CD tersebut sering kali mengadakan acara kumpul-kumpul guna membahas dan bertukar info mengenai semua jenis aliran musik yang mereka sukai. Namun, para pemburu CD ini pada umumnya menyukai musik yang beraliran cadas yaitu heavymetal dengan berbagai anak cabangnya mulai dari glam, progressive, speed sampai death metal.
Bagi mereka, apresiasi untuk memiliki CD yang langka merupakan kepuasan bathin yang tidak mampu untuk diungkapkan dengan kata-kata. Semua koleksi yang dimiliki oleh para anggota Rockaholixx didapatkan dengan berbagai cara, mulai dari hunting di toko-toko musik di Surabaya, Jakarta, Bandung dan bahkan ke luar negeri. Namun pada akhirnya mereka tak dapat memungkiri bahwa toko terlengkap dan terdekat adalah toko online seperti Ebay, Amazon, dll.
Menurut Bhaskoro, ia sempat kesal dengan belanja online di luar negeri, sebab pada saat itu sekitar tahun 2006  paypal tidak menerima kartu kredit dari Indonesia. Padahal banyak sekali koleksi CD langka dari tahun 80&90 an yang tersedia di toko2 online. Jalan satu-satunya adalah dengan mengirim uang cash lewat pos, padahal resiko hilangnya besar sekali. Untunglah saat ini problem tersebut telah teratasi.
Koleksi para anggota Rockaholixx ini pun terbilang cukup banyak dan unik, dimana rata-rata mereka telah mengoleksi lebih dari seribu keping cd musik hardrock dan heavymetal. Baik dalam bentuk cd 5 inch, single 3 inch, piringan hitam dan boxset seperti yang mereka bawa yaitu Metallica – death magnetic coffin box, Hellloween – the darkbox, Led Zeppelin – the complete recording box, Doro Pesch – fear no evil box, dan Nile – those whom the gods detest box.