Melayani Pelanggan Bagai Sahabat

0

08-1Hidup kita yang singkat di dunia ini harus memberikan manfaat yang besar untuk lingkungan dan orang-orang disekitar kita.

Tidak banyak orang yang mau keluar dari zona nyaman, untuk berbuat sesuatu yang lebih baik lagi bagi lingkungan dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Bagi Yosephus Widyawan atau yang akrab disapa Wawan, Owner PT. Sahabat Solusi Intermoda, hal ini adalah sebaliknya. Setelah 10 tahun Dia bekerja di sektor swasta pada beberapa perusahaan ternama, Wawan memutuskan untuk keluar dari zona nyaman dan membuka usaha sendiri dengan bendera PT. Sahabat Solusi Intermoda yang bergerak di dua lini usaha, yaitu Agrobisnis dan Supply Chain Management.Bagi sebagian warga Surabaya sudah akrab dengan salah satu produknya, yaitu Cak Transport yang bergerak dalam layanan Taksi Roda Dua, City Courier, dan Shuttle Service.

Agrobisnis dan Supply Chain Management seperti langit dan bumi, tapi Wawan melihat dua bidang ini memiliki prospek cerah kedepannya. Menurut Sarjana Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini, lini usaha agrobisnisnya bergerak dalam usaha perkebunan dan peternakan, sedangkan lini usaha Supply Chain Managementnya bergerak dalam bidang transportasi. Alasan Dia memilih agrobisnis dan transportasi karena jumlah manusia yang semakin banyak memerlukan asupan makanan dan sarana transportasi untuk mobilitas mereka. Motto hidupnya Carpe Diem Seize The Day, yang bermakna ketika disitu ada peluang kita harus action segera mewujudkannya, tidak perlu banyak pertimbangan, perlu keberanian melangkah untuk mewujudkan keinginan kita.

Pria yang hobi membaca dan mendengarkan music jazz ini, menegaskan bahwa ada tiga pilar utama yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis. Pertama, bisnis itu harus punya Value atau nilai-nilai. Kedua, bisnis itu harus punya system, yang banyak dikenal seperti SOP. Sedangkan yang ketiga, bisnis harus punya leadership, ketiganya ini tidak bisa dipisahkan. Seperti halnya Cak Transport yang memiliki logo tiga anak panah menuju ke arah kanan. Wawan melihat bahwa bisnis Cak Transport di lini transportasi harus bisa bekerjasama dengan tiga pilar dan tiga elemen, yaitu karyawan, perusahaan dan pelanggan .’Kami tanpa karyawan buka apa-apa, dan kami tanpa pelanggan juga bukan apa-apa’, tegas Wawan, saat ditanya sukses bisnisnya.

Sukses baginya adalah ketika bisa bermanfaat untuk orang lain, bukan dalam ukuran materi, karena materi akan otomatis mengikutinya, hidup kita yang singkat di dunia ini harus memberikan manfaat yang besar untuk lingkungan dan orang-orang disekitar kita. Wawan sangat menghargai arti persahabatan, Dia menghadirkan nuansa itu dalam budaya kerjanya dengan slogan Melayani Bagai Sahabat. Istri dan keluarga besarnya sangat mendukung usahanya selama ini, dalam memajukan bisnisnya. Di usianya yang masih 30 tahun, Wawan berharap Sahabat Solusi Intermoda bisa menjadi referensi bagi para stake holdernya, bermanfaat bagi semua, serta memberikan semangat-semangat baru bagi orang-orang yang ada di dalam perusahaannya.