Kuliah Online, Latih Disiplin dan Kemandirian Mahasiswa

0

Setiap era memiliki arus utama dalam lifestyle, termasuk education lifestyle. Kalau kita tidak mengikuti lifestyle tersebut, kita akan menjadi kelompok terasing dan kadaluwarsa.

 

Teknologi ternyata telah menggeser banyak hal, salah satunya adalah dunia pendidikan. Tidak hanya digunakan untuk mengelola administrasi, teknologi ternyata juga digunakan dalam proses pembelajaran dan perkuliahan.

Di Indonesia sendiri sudah banyak perguruan tinggi yang menyelenggarakan program kuliah online secara penuh, diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Bina Nusantara. Sistem kuliah online sendiri mulai banyak diminati karena mahasiswa tidak harus menghadiri kelas di kampus, tetapi bisa menikmati fasilitas universitas dan mendapatkan gelar yang sama dengan mahasiswa regular. Kuliah ini biasanya disampaikan melalui teleconference, materi pelajaran disediakan secara online. Ada juga forum dimana mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan kepada dosen dan saling berdiskusi antara satu mahasiswa dengan yang lainnya.

Dalam kuliah online, mahasiswa dituntut untuk lebih disiplin dalam memenuhi target pembelajaran. Mereka juga dituntut untuk banyak membaca dan menulis, sebab segala bentuk komunikasi disampaikan secara tertulis, misalnya melalui email. Tidak semua dosen kuliah online menyelenggarakan sesi tatap muka, maka keuntungan lain dari kuliah online adalah membuka peluang mahasiswa untuk membangun jaringan lebih luas karena banyak diantara mereka berasal dari berbagai latar belakang ekonomi dan budaya. Seperti halnya kuliah regular, kuliah online juga perlu mengerjakan tugas dan ujian.

Biaya kuliah online biasanya 40 persen lebih murah dibandingkan kuliah regular. Biaya ini bisa lebih rendah karena fasilitas yang dinikmati juga lebih terbatas, yaitu hanya membutuhkan computer dan koneksi internet.

Fenomena kuliah online yang banyak bermunculan di Indonesia ini mendapat respon positif dari Mohammad Nuh, Pengamat Pendidikan. Mantan Menteri Pendidikan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mengakui bahwa kuliah online merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini. “Setiap era memiliki arus utama dalam lifestyle, termasuk education lifestyle. Kalau kita tidak mengikuti lifestyle tersebut, kita akan menjadi kelompok terasing dan kadaluwarsa,” ujar M. Nuh. (noe)