Kidal, Anugerah atau Musibah ?

0

Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, namun keberadaan orang kidal sering menjadi sorotan. Ini terjadi karena banyak anggapan bahwa orang kidal cenderung lebih jenius. Seorang kidal atau orang yang banyak menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas ini dianggap lebih jenius dibandingkan mereka yang biasa menggunakan tangan kanan.
Sebuah teori mengungkapkan paparan tingginya tingkat testosterone sebelum kelahiran dapat menyebabkan anak menggunakan tangan kiri. Tidak hanya itu, seorang kidal juga dianggap memiliki kelebihan, diantaranya :
• Memori lebih baik
Sebuah penelitian menunjukkan, seorang kidal memiliki corpus callosum yang lebih besar. Otak tengah ini merupakan ‘jembatan’ yang menghubungkan dua belahan otak. Di sini merupakan rute utama komunikasi untuk mengontrol fungsi kognitif dan motorik, daerah dimana banyak terdapat memori penyimpanan.
• Kemampuan matematika lebih andal
Meski banyak penelitian yang kontradiktif, namun sebagian besar penelitian menunjukkan adanya hubungan bahwa orang kidal memiliki kemampuan matematika lebih tinggi. Ketrampilan visual-pasial mereka juga lebih tinggi.
• Lebih kreatif
Menurut salah satu teori, otak seorang kidal bekerja dengan cara berbeda. Itulah yang membuat mereka lebih kreatif daripada orang yang menggunakan tangan kanan. Ketika seseorang menggunakan tangan kirinya, berarti saat itu ia menggunakan sisi kanan dari otaknya yang kreatif.
Terlepas dari benar atau tidaknya penelitian tersebut, Prof. Yohanes Surya. PhD, Pakar Pendidikan mengatakan bahwa dalam sebuah Right Hand, Left Hand karya Chris Mc Manus, orang yang tidak kidal memiliki satu gen yang disebut gen-D. Ada tidaknya gen ini yang menentukan apakah seseorang menjadi kidal atau tidak. Mereka yang kidal sejak lahir tidak bisa dipaksakan menggunakan tangan kanannya, karena dianggap kurang bijaksana. Karena setiap orang terlahir dengan talenta dan kelebihan masing-masing.
Bahkan tidak banyak juga orang kidal yang berusaha melatih tangan kanannya. Ada yang menganggap kidal adalah musibah karena selalu menjadi sorotan masyarakat. Menurut Yohanes, tidak ada yang salah dengan kidal, jadi tidak ada alasan untuk memaksakan diri menggunakan tangan kanan.
Tokoh Dunia yang Kidal
Berikut ini adalah nama tokoh-tokoh dunia yang kidal, diantaranya
– Barrack Obama
– Napoleon Bonaparte
– Neil Armstrong
– Leonardo da Vinci
– Charlie Caplin
– Osama bin Laden
– Winston Churchill, dan masih banyak tokoh dunia lainnya