Inilah 5 Penyebab Bau Badan

0

bau-badanBanyak orang menyangka bahwa keringat berlebihan menyebabkan bau badan. Padahal sekitar 99% kandungan keringat adalah air murni yang tidak menimbulkan bau. Bakteri dan jamur tertentulah yang mengurai keringat melepaskan bau yang tidak sedap. Berikut ini 5 penyebab bau badan yaitu:

  • Ketidakseimbangan diet. Kekurangan magnesium atau zinc dan terlalu banyak mengkonsumsi daging, makanan yang mengandung kolin, bawang merah & putih, jengkol, makanan pedas tertentu, kopi dan alkohol, gorengan dan makanan berlemak dapat menyebabkan bau badan.
  • Stres emosional. Kelenjar keringat di ketiak dan selangkangan mengeluarkan Zat yang mengandung protein, karbohidrat, dan lipid menjadi penyebab bau badan dan biasanya keluar lebih banyak saat sedang mengalami stres emosional.
  • Gejolak hormon. Bau badan juga bisa dipicu oleh fluktuasi hormon seperti pada anak-anak yang sedang menjalani masa puber dan perempuan yang mengalami menopause.
  • Kelainan genetik. Sebuah kelainan genetik langka yang disebut trimetilaminuria (sindrom bau amis), menyebabkan seseorang memiliki bau amis di napas, keringat dan urinnya.
  • Penyakit. Beberapa penyakit dapat menyebabkan bau badan. Salah satunya adalah diabetes dan penyakit liver atau ginjal yang parah di mana tubuh tidak mampu memproses dan mengeluarkan racun tertentu.