Era Baru Social Networking

0

FBInternet bisa menjadi ladang bisnis, hal ini tergantung pada cara berpikir kita. Fakta menunjukkan, ternyata sudah banyak orang yang menjalankan bisnis berbasis internet dan hasilnya luar biasa, terjadi efisiensi dan efektivitas yang tinggi dalam mengelola bisnisnya.

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul individu atau organisasi, dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik, seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, komunitas, dan lain sebagainya.
Revolusi jejaring sosial, sudah diakui lebih dahsyat dari pada revolusi industri, jejaring sosial sudah benar-benar mewabah di dunia dan di Indonesia. Banyak dan beragamnya situs-situs jejaring sosial yang tersedia seperti Friendster, Google Buzz, Twitter, Facebook dan lain sebagainya, memberi kita banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis yang kita jalankan. Selain situs-situs jejaring sosial asing, sekarang ini juga banyak situs-situs jejaring sosial lokal, salah satunya adalah Yahoo Koprol yang juga bisa kita manfaatkan untuk menjalin hubungan dengan stake holder.

TTwitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., situs ini menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog, sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweets bisa dilihat dari luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja.

KKoprol, atau sekarang yang dikenal dengan Yahoo! Koprol, merupakan jejaring sosial lokal berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol, serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama.
Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Di sini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS (Global Positioning System) tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.

FFacebook adalah website jejaring sosial, dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, profesi (kerja), sekolah, juga daerah, untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Pada dasarnya fungsi utama Facebook adalah sebagai jejaring sosial, dimana kita bisa berkenalan dengan teman baru, menemukan teman lama kita, hingga berbagi foto dan video.
Beragam aplikasi dan fitur yang disediakan Facebook bisa membantu kebutuhan pemasaran setiap brand yang ingin memperluas eksposurnya di ranah daring. Membangun brand awareness di dalam Facebook tentu sungguh potensial, seperti halnya internet marketing untuk komunikasi pemasaran terpadu.
Bagi brand besar, perlu ada minimal seorang individu dalam Facebook, individu inilah yang nantinya akan berhubungan langsung dengan para konsumen atau pelanggan di Facebook, dan Dia juga yang nantinya menjadi suara brand di dalam Facebook. Reputasi sebuah brand bisa dibangun dengan cepat di ranah ini, dan reputasi sebuah brand juga bisa luluh lantak dalam sekejap di ranah ini, oleh karena itu dibutuhkan seorang Public Relations (PR) yang piawai untuk mengendalikannya, untuk berperan sebagai admin.
Selain menanamkan branding di dalam Facebook, kita bisa pula memanfaatkan Facebook untuk riset pemasaran produk. Riset kualitatif bisa dilakukan dengan memanfaatkan forum diskusi ataupun bertanya jawab langsung dengan konsumen melalui Facebook Message dan Facebook Chat. Penggunaan Facebook Application tambahan seperti polling bisa dilakukan untuk membuat riset kuantitatif untuk riset pemasaran produk.
Banyaknya manfaat dan kegunaan yang diberikan Facebook terhadap penggunanya, merupakan nilai tambah bagi kita untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam memanfaatkan jejaring sosial untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis kita. Tapi sayang, beberapa bulan yang lalu tersiar kabar di media, bahwa Mark Zuckerberg pendiri dan pemilik Facebook ini akan menutup situsnya pada 15 Maret 2011, padahal Facebooklah yang membuat Mark menjadi Milliarder termuda di dunia. Isu rencana penutupan situs jejaring sosial Facebook ramai diperbincangkan, kabarnya situs yang mendunia tersebut akan ditutup, demikian informasi ini dikutip dari situs Weekly World News. Menurut situs ini, Mark Zuckerberg mengaku stres mengelola Facebook yang telah di luar kendali, sehingga mengganggu hidupnya. Alasan itulah yang membuat dia akan menutup situs yang memiliki ratusan juta anggota atau pengguna, yang tersebar di seluruh belahan dunia.
Bagi anda yang sudah merasakan manfaat dan kegunaan Facebook ini dalam pengembangan Bisnis dan Usaha anda, tentunya hal ini akan sangat berpengaruh sekali bagi anda para Pebisnis dan Marketer, walaupun informasi dan berita yang beredar di dunia masih simpang siur mengenai kebenarannya, Anda mungkin harus menyelamatkan data-data penting yang selama ini disimpan di akun Facebook Anda. Dan bagi Anda yang belum mencoba merasakan dahsyatnya pengaruh jejaring sosial yang bernama Facebook ini untuk mendongkrak pertumbuhan Bisnis dan Usaha anda, anda bisa mencobanya, setelah tanggal 15 Maret 2011 ini. Semoga saja isu ini tidak benar, dan anda bisa merasakan manfaatnya.