Demam Selfie Tanpa Kompres

0

23-aAnastasia Nikolaevna adalah salah satu remaja yang diketahui pertama kali mengambil foto selfie melalui cermin, untuk dikirim pada temannya di tahun 1914.

Arus informasi dan perkembangan teknologi serta penggunaan sosial media, menyebarkan virus yang mengubah gaya hidup masyarakat kita dengan cepat mengikuti tren yang ada. Begitu halnya dengan demam Selfie yang saat ini juga menjangkiti masyarakat kita. Mungkin Anda pernah melakukan kegiatan memotret diri sendiri menggunakan kamera digital atau kamera smartphone, hasil foto dari memotret itulah yang disebut foto selfie dan lagi tren saat ini. Foto Selfie sendiri adalah jenis foto potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera digital atau kamera smartphone, objek foto adalah si fotografer atau beberapa orang yang ada disekitarnya.

Foto selfie sebenarnya sudah ada sejak dulu, sejarah mencatat bahwa Putri Kekaisaran Rusia, Anastasia Nikolaevna, adalah salah satu remaja yang diketahui pertama kali mengambil foto selfie melalui cermin, untuk dikirim pada temannya di tahun 1914. Demam selfie saat ini juga melanda masyarakat kita, setelah sebelumnya dunia heboh dengan foto selfie di tahun 2013. Oxford English Dictionary yang merupakan otoritas tertinggi dalam ilmu bahasa mengenai teknik penyusunan kamus (leksikografi), menyatakan Selfie menjadi Word Of The Year di tahun 2013. Foto selfie juga identik dengan foto narsis yang diunggah ke sosial media oleh pemiliknya.

Fenomena demam foto selfie ini dimanfaatkan oleh beberapa pabrikan kamera digital dan smartphone, untuk membuat produk mereka yang bisa mendukung aktivitas berselfie ini lebih asyik. Mereka menghadirkan fitur-fitur dan aplikasi-aplikasi khusus yang dibuat untuk mengambil foto selfie lebih mudah, baik saat pengambilan foto, editing, hingga media upload foto selfie yang lebih gampang. Tak hanya itu, saat ini juga lagi tren alat bantu yang bisa membuat kamera digital atau kamera smartphone memiliki jangkauan yang lebih jauh serta fleksibel dalam penempatannya. Alat itu berupa mini tripod atau monopod yang bisa digunakan untuk kamera dan smartphone.

Monopod yang lazim digunakan sebagai alat bantu untuk mengambil foto selfie saat ini dikenal dengan sebutan tongsis atau tongkat narsis. Tongsis adalah monopod yang didesain sedemikian rupa untuk bisa kompatibel dengan piranti mobile dalam hal memotret. Tongkat ini bisa dipanjangkan sesuai dengan kebutuhan dan bisa membuat aktivitas pengambilan foto diri sendiri menjadi lebih mudah. Tongsis ringan dan fleksibel untuk dibawa dan digunakan di berbagai tempat, sehingga memudahkan kita untuk memotret diri sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Selain tongsis saat ini juga tren Tomsis atau tombol narsis, sebagai remote pengoperasian kamera.

Demam foto selfie tidak hanya menjangkiti anak muda, mereka yang melakukannya justru dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, mulai dari masyarakat biasa hingga selebritis atau tokoh-tokoh dunia pernah melakukannya. Mungkin virus selfie ini juga sedang menjangkiti Anda dan orang-orang disekitar Anda saat ini. Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan saat akan mengambil foto selfie, agar dapat dilakukan dengan mudah dan mendapatkan hasil yang baik. Hal utama adalah pada pemilihan kameranya, saat ini pilihan terbaik untuk yang gemar selfie adalah smartphone, yang rata-rata sudah memiliki kamera depan dan belakang.

Kamera depan smartphone sangat memudahkan untuk melakukan foto selfie, meski kualitas fotonya tak sebagus dari kamera utamanya. Jarak pemotretan diatur agar tidak terlalu dekat dengan wajah, kalau perlu gunakan tongsis sebagai alat bantu. Pilihlah latar belakang yang bagus, agar komposisi foto lebih menarik.  Pastikan cahaya yang menerangi wajah berasal dari depan atau dari samping, bukan dari belakang. Tunjukkan ekspresi dengan berbagai gaya wajah, karena selfie dengan gaya yang unik atau gokil lebih memancing minat untuk dilihat. Berikan sentuhan editing sederhana untuk foto-foto selfie dengan aplikasi yang ada. Jangan lupa, berselfielah di tempat yang aman.

SHARE
Previous articleITS EXPO 2014
Next articleSeminar Pramita Lab