Crossover Pertama Dari Nissan

0

Nissan Juke adalah kendaraan crossover kompak pertama di dunia, merupakan perpaduan dari SUV yang stylish dengan performa sebuah sports car. Juke merupakan alternatif yang menarik dan menyegarkan bagi mereka yang menyukai mobil kompak dengan kombinasi unik. Kesan gagah sangat nyata, pada desain eksteriornya, aspek menarik dari crossover ini adalah dimensinya yang besar, sehingga menjad1ai nilai lebih, dari sebuah mobil kompak dibandingkan dengan mobil lain di kelasnya, dimensi body yang bulat membuat mobil ini terlihat kekar.

Dari sisi tampilan, Nissan Juke langsung memberikan kesan maskulin, kokoh dan sporty. Namun pilar depan dibuat lebih landai sehingga memudahkan pandangan pengemudi. Tampilan Juke makin sangar dengan penggunaan pelek berukuran 17 inci. Di bagian interior, konsol utama terinspirasi desain superbike, combi meter berbentuk lingkaran. Teknologi anyar yang disematkan antara lain The Integrated Control System (I-CON). Teknologi ini berperan sebagai pusat perintah utama (central command) dan penyedia informasi.

Mesin yang digunakan adalah HR15DE, sama dengan yang terpasang di Nissan Livina, namun dengan penyempurnaan. Mesin 1.498 cc DOHC 4 cylinder inline ini ditambahi dual injection system membuat pembakaran lebih efisien. Mesin ini menghasilkan tenaga 114 ps pada 6000 rpm dan torsi mencapai 150 Nm pada 4000 rpm. Untuk transmisi Nissan memasang generasi baru X-tronic CVT yang lebih kompak dan ringan. Sedangkan pilihan mengemudi bisa dilakukan dengan mode Normal, Sport, dan Eco.

Menurut informasi yang kami peroleh dari berbagai sumber, Crossover terbaru dari produsen mobil asal Jepang ini mendapat predikat Top Safety Pick dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS). Sebelumnya mobil kombinasi model SUV dengan Compact Sport Coupe ini memperoleh rating bintang 5 dari European New Car Assessment Programme (Euro NCAP) untuk penilaian secara keseluruhan.

Predikat tersebut diberikan kepada kendaraan yang mencapai peringkat terbaik baik yang meliputi bagian depan, belakang, samping dan atap serta yang dilengkapi dengan kontrol kestabilan listrik. Keberhasilan Juke ini menambah panjang daftar produk Nissan yang memperoleh Top Safety Pick 2011, setelah sebelumnya ada Nissan LeAV, Cube dan brand premiumnya Infiniti M37 dan M56.