Bukan Sekedar Penunjuk Waktu

0

23-1Sekarang ada beberapa perusahaan yang mengembangkan jam tangan pintar ini, untuk di produksi secara massal seperti halnya smartphone.

Pesatnya perkembangan teknologi dan dunia fesyen saat ini membuat arloji atau jam tangan bukan hanya sekedar sebagai penunjuk waktu. Jam adalah satuan waktu yang biasa digunakan untuk menyatakan masa selama enam puluh menit. Jam bisa dinyatakan sebagai satuan waktu paling populer di dunia. Orang biasanya mengukur waktu yang terjadi dalam sehari dengan jam, bukan dengan menit apalagi detik. Jam adalah satu per dua puluh empat hari, karena memang sehari itu terdiri dari 24 jam. Arloji atau jam tangan yang merupakan penunjuk waktu digunakan atau dipakai di pergelangan tangan manusia, mulai dikembangkan sekitar tahun 1600.

Manusia memiliki mobilitas yang tinggi dengan beragam kegiatan, semuanya seolah dipacu waktu yang terus berkejaran. Itulah sebabnya kehadiran jam tangan sangat dibutuhkan untuk mengingatkan kita akan waktu. Dengan melirik jam yang melingkari pergelangan tangan, secara otomatis kita selalu bisa mengetahui pukul berapa saat ini. Kita juga jadi tahu apakah masih pagi, siang, atau sudah malam, meski kita berada seharian di dalam ruangan tertutup. Sejak pertama kali ditemukan dan mulai dikembangkan, jam tangan saat itu hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, dengan model dan bahan pembuatnya yang tidak terlalu diperhatikan oleh pemakainya.

Seiring perkembangan jaman, model dan bahan pembuat jam tangan beraneka ragam, dan fungsinya pun bukan hanya sekedar penunjuk waktu. Alasan orang untuk membeli sebuah merek dan model jam tangan juga bermacam-macam, ada yang sekedar sebagai gaya hidup, untuk koleksi, juga untuk gengsi. Saat ini, harga jam tangan berkisar antara puluhan ribu hingga mencapai milliaran rupiah. Sebut saja jam tangan merek Rolex, Tag Heuer, Vacheron Constantin, Girard Perregaux, Roger Dubuis, Patek Philippe, Cartier, Franck Muller, Jaeger LeCoultre, Omega, adalah jam tangan yang memiliki harga selangit untuk kalangan atas.

Jam tangan mahal selalu saja mengundang decak kagum, kemilau bahan pembuatnya serta dukungan perangkat teknologi modern berpadu menjadi satu dalam sebuah kemewahan. Selain jam tangan analog, saat ini jam tangan digital juga banyak diminati oleh kalangan umum. Jenis jam tangan pun digunakan berdasarkan fungsinya, mulai sebagai pengukur waktu dalam perlombaan, kebutuhan untuk segala macam kondisi cuaca, hingga sebagai smartwatch yang berfungsi sebagai gadget pintar yang disematkan dalam sebuah jam tangan. Fungsi jam tangan pun saat ini tak ubahnya seperti smartphone yang mendukung semua aktivitas pemakainya.

Mungkin kita pernah melihat film James Bond, Mission Impossible, atau film lainnya yang bercerita tentang spionase menggunakan jam tangan pintar untuk memudahkan setiap aksi-aksinya. Jam tangan dalam film tersebut difungsikan untuk bermacam-macam hal, seperti halnya untuk kamera tersembunyi, alat komunikasi, pemancar sinyal radar, bahkan digunakan sebagai senjata. Di era teknologi yang semakin gila perkembangannya, jam tangan pintar bukanlah sebagai sebuah angan-angan semata. Sekarang ada beberapa perusahaan yang mengembangkan jam tangan pintar ini, untuk di produksi secara massal seperti halnya smartphone.

Dengan adanya teknologi jam tangan pintar yang di produksi massal ini, semua aktivitas kita akan banyak terbantu dengan kehadirannya. Bisa dibayangkan, kita bisa berkomunikasi, berkirim email, memutar musik, bersosial media, mengambil foto atau video, hingga bermain game, hanya dengan menggunakan jam tangan. Sejak kehadiran handphone atau smartphone mungkin jumlah pengguna jam tangan menurun, karena di dalamnya juga terdapat fitur jam yang menunjukkan waktu. Dengan kehadiran jam tangan pintar ini, bukan tidak mungkin kalau nantinya pengguna jam tangan pintar akan semakin banyak dan menjadi gaya hidup kita.