LAWATAN HEMAT KE 'BIG APPLE' (Bagian 2)




Oleh Agung Basuki (pemilik situs TravelHemat.com & TravelHematShop.com)

Lawatan Hemat ke Big Apple (bagian 2)Rata-rata hotel di pusat kota New York memasang tarif di atas U$ 300/malam, sementara di daerah Manhattan berkisar pada U$ 200-250/malam belum termasuk 13% pajak penjualan. Jika Anda berkunjung pada musim panas atau bulan Desember, bersiaplah untuk merogoh kocek lebih dalam lagi lantaran kebanyakan hotel di sana menaikkan harga antara 25-50% dari tarif normalnya.Untuk mencari harga hotel termurah di New York, Anda bisa menggunakan fasilitas GRATIS yang disediakan oleh sebuah situs ternama yakni www.CompareHotelOnline.org.

Sightseeing di kota yang konon menjadi jujugan imigran lebih dari 180 negara di dunia ini bukan hal yang murah. Demi berhemat, belilah CityPass (U$ 53 untuk dewasa, U$ 41 untuk anak usia 12-17 tahun) yang merupakan tiket terusan untuk berkunjung ke American Museum of Natural History, Guggenheim Museum, The Museum of Modern Art, Intrepid Sea Air Space Museum, Circle Line Sightseeing Cruises, dan Empire State Building Observatory. Tanpa membeli CityPass, untuk kunjungan ke semua tempat tersebut, Anda harus menyiapkan biaya lebih dari U$ 100/orang.

Ingin menonton pertunjukan Opera Broadway yang terkenal itu dengan tiket berharga miring ? Kunjungi stan TKTS di daerah Times Square untuk mendapatkannya. Kuncinya adalah dengan mencari acara yang bakal dipertunjukkan pada hari yang sama namun tiketnya masih tersedia. Harga tiket ‘sisa’ tersebut biasanya dijual dengan diskon 25-50% dari tarif normalnya yang berkisar antara U$ 60-90 pada hari-H pertunjukan. Karena banyak orang yang juga berkeinginan sama, maka bersiaplah untuk antre panjang.

Kunjungan ke salah satu statiun TV paling top di Amrik yakni NBC bisa dimasukkan ke dalam agenda jalan-jalan hemat Anda. Di sini Anda bisa ikut menyaksikan secara live proses pembuatan berbagai acara TV terkenal (terutama acara talk-show) yang kerap bertabur bintang-bintang top dunia dengan merogoh kocek antara U$ 5-10/acara. Siapa tahu, Anda bisa berfoto bareng atau minta tanda tangan para bintang tamu terkenal tersebut.

Pilihan hemat lainnya adalah ikut serta dalam walking tour yang diselenggarakan oleh Big Onion (www.bigonion.com) yang memasang tarif U$ 15/orang untuk mengunjungi berbagai tempat bersejarah dan menarik di berbagai daerah di kota New York seperti Central Park, daerah SoHo (South of Houston) dan NoLiTa (North of Little Italy), Times Square, distrik bersejarah Harlem, daerah pusat keuangan di Wall Street, Chinatown maupun Brooklyn Brigde yang terkenal itu. Disamping itu, perusahaan ini juga menyelenggarakan culinary tour bagi mereka yang suka mencicipi berbagai jenis makanan internasional, maupun walking tour ke Ellis Island.

Saat makan pagi, yang kebanyakan disediakan oleh hotel dalam bentuk buffet all you can eat, usahakan untuk mengisi perut sekenyang mungkin karena hal ini akan sangat membantu untuk ‘menunda’ rasa lapar waktu jam makan siang tiba. Ini semua berkaitan dengan kebiasaan sejumlah resto yang memberikan promo diskon selepas padatnya jam makan siang yang bertajuk ‘happy hour’ (antara jam 15.00 – 17.00). Setidaknya Anda bisa berhemat mulai 20-50% dengan sedikit menggeser waktu makan siang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*